Media Berkemajuan

18 Oktober 2024, 05:59

Meski Sibuk Bertugas, Bripda Asal Aceh Ini Masih Bisa Raih Juara Tahfidz Tingkat Internasional!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Bripda Dolly
Dolly Isma Indra [Foto: mu4.co.id]

Aceh, mu4.co.id – Dolly Isma Indra, anggota Polda Aceh dan mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, meraih juara dalam Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) 30 Juz tingkat internasional pada SeIba International Festival 2024. 

Bripda Dolly Isma Indra merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry

Kompetisi ini berlangsung di UIN Imam Bonjol, Padang, pada 23-29 September 2024, dengan peserta dari 20 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia serta perwakilan dari lima negara ASEAN, yaitu Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Kamboja.

Festival SeIba International 2024 menampilkan berbagai kegiatan termasuk pertunjukan seni musik Islami, tari tradisional, seminar internasional, dan pameran budaya.

Baca Juga: Program Tahfidz Al-Qur’an Masjid Al Jihad Resmi Dimulai Hingga 6 Bulan Kedepan!

Prestasi yang diraih Dolly disambut dengan gembira oleh pemuda kelahiran Pulau Tiga pada 6 Oktober 2001 ini.

Dia menyatakan bahwa partisipasinya dalam setiap kompetisi bertujuan untuk memotivasi diri agar terus bersemangat dalam menghafal dan mendekatkan diri kepada Al-Quran.

“Adapun mendapat juara itu adalah bonus dan hal yang patut di syukuri serta menjadi bahan intropeksi agar lebih baik lagi kedepannya,” ungkap Dolly dilansir dari SerambiNews, Rabu (2/10).

Kegembiraannya semakin bertambah karena berhasil meraih prestasi di tengah jadwal dinas yang padat sebagai personel Direktorat Samapta Polda Aceh. Ia juga mengungkapkan bahwa tetap berusaha menjaga hafalannya meski sibuk bertugas.

“Saya mengulang hafalan biasanya pada pagi hari sebelum berangkat tugas dan setelah pulang tugas pada sore hari atau pun malam hari,” jelasnya.

Bripda Dolly menjelaskan bahwa kegiatannya mendapatkan dukungan penuh dari atasan dan rekan-rekannya. Ia menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Polri dan Polda Aceh yang memberinya kesempatan untuk mengikuti ajang tersebut.

“Rasa terimakasih yang tak terhingga juga saya sampaikan kepada orangtua dan para guru yang telah membimbing dan mendoakan saya,” ungkap alumni MAS Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar tersebut.

Baca Juga: Tuan Rumah Juara! Berikut Urutan 10 Besar MTQ Nasional 2024!

Sebelum memenangkan juara MHQ 30 Juz di Seiba International Festival 2024, Bripda Dolly telah meraih berbagai prestasi di tingkat kota, provinsi, nasional, dan Asia Tenggara. Prestasinya dimulai sejak 2014, ketika ia meraih juara 3 MTQ tingkat Kota Subulussalam di cabang Fahmil Quran.

Sederet prestasi dari ajang bergengsi lainnya terus ia torehkan semenjak juara 3 MTQ pada tahun 2014 itu.

Adapun beberapa prestasi Bripda Dolly yaitu juara 1 MTQ Kota Subulussalam cabang tahfidz 20 Juz (2016), juara 3 MTQ Provinsi Aceh Timur cabang tafsir Bahasa Arab (2017), juara 1 MTQ Provinsi Pidie cabang tafsir Bahasa Arab (2019), dan juara 1 MHQ se-Sumatera dan se-Asia Tenggara cabang 20 Juz (2023). 

Bripda Dolly juga meraih juara 1 MTQ Provinsi cabang Tafsir Bahasa Arab dan Tahfidz 30 Juz (2023) serta mewakili Aceh pada MTQ Nasional 2024 untuk cabang tahfidz 30 Juz di Kalimantan Timur.

Dolly berharap prestasi-prestasinya dapat memotivasinya untuk tetap istiqamah dan lebih sering berinteraksi dengan Al-Quran. Ia juga berharap kegiatan-kegiatannya terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

(SerambiNews)

[post-views]
Selaras