Media Berkemajuan

20 September 2024, 10:50

Rektor UMS Apresiasi Pelaksanaan Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif saat memberikan sambutan di Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024, Sabtu [24/8]

Surakarta, mu4.co.id – Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr Sofyan Anif, M.Si selaku tuan rumah mengapresiasi pelaksanaan Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah pada 24-25 Agustus 2024 yang diprakarsai oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ini.

Dalam sambutannya, Sofyan menerangkan UMS sangat mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan bertema Pers dan literasi ini. Terlebih masalah literasi merupakan hal yang masih membutuhkan perhatian besar dari semua pihak, khususnya dunia pendidikan.

Sofyan mencontohkan ia sangat senang ketika UMS meraih penghargaan CNN Award 2024 untuk kategori Outstanding Initiative in Education pada 14 Agustus 2024 lalu.

Penghargaan tersebut menunjukkan bahwa UMS berkat reputasinya manjadi institusi pendidikan yang telah dikenal di kancah internasional. 

Salah satu terobosannya yaitu pemberian beasiswa untuk mahasiswa dari luar negeri yang berminat kuliah di UMS.

“Setidaknya ada 8500-an calon mahasiswa asing dari Afrika, Zimbabwe, Sudan, Uganda dan lainnya yang tertarik kuliah di UMS,” ungkap Sofyan.

Baca juga: 120-an Media Afiliasi Muhammadiyah Hadiri Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024

Disamping itu UMS juga memiliki 80% program studi (prodi) unggul, sehingga meskipun calon mahasiswa telah diterima di universitas negeri tetapi mereka tetap memilih kuliah di UMS.

Sofyan juga menambahkan tingkat literasi masih rendah di Indonesia,

“Hanya 1 dari 1000 orang yang suka membaca. Sehingga Indonesia berada di urutan 70 dari 80 negara di dunia dengan tingkat literasi rendah,” ucap Sofyan.

Literasi dan pers tidak dapat dipisahkan, karena itu Sofyan merasa senang dan bangga atas niat MPI PP Muhammadiyah yang ingin mengembangkan hal ini. Serta melibatkan perguruan tinggi dalam mewujudkan masyarakat yang cinta terhadap minat baca.

Selain itu setidaknya ada 5 buah buku yang di-launching oleh MPI PP Muhammadiyah pada kegiatan Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 ini, diantaranya yaitu:
1. Buku tentang Soekarno
2. Buku Haji Fachrodin. Lokomotif Literasi dan Pers Islam
3. Panduan Penulisan Sejarah Muhammadiyah

Ketua Media AfiliasiMu, Mukhtarom turut menerima salah satu buku yang di-launching MPI PP Muhammadiyah pada Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024, Sabtu [24/8]
[post-views]
Selaras