Media Berkemajuan

13 April 2024, 10:39

Wujudkan PJAS yang Aman, BBPOM Banjarmasin Sosialisasikan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
BBPOM Banjarmasin Sosialisasikan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah [Foto: kalselprov.go.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin, melakukan sosialisasi keamanan pangan jajanan anak sekolah di Banjarmasin, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang aman, bermutu dan bergizi, Selasa (19/03/2024).

Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 60 peserta dari unsur guru, Komite Sekolah, siswa, Lintas Sektor di Kota Banjarmasin dan Pegawai BBPOM di Banjarmasin.

Mewakili Kepala BBPOM, Pengawas Farmasi dan Makanan BBPOM, Gusti Maulita Indriyana mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya mengedukasi sekolah di Kalimantan Selatan, salah satunya melalui Sosialisasi tersebut.

“Jadi implementasi program PJAS, menuntut kemandirian sekolah termasuk guru, orang tua murid serta pengelola kantin dalam mengawasi keamanan jajanan anak di lingkungan sekolah masing-masing,” kata Gusti, dilansir dari laman resmi Pemprov Kalsel, Rabu (20/03/2024).

Baca juga: Tak Terdaftar di BBPOM, Minuman Kemasan Beralkohol Asli Otentik (AO) Beredar di Banjarmasin

Ditambah sosialisasi keamanan pangan tersebut merupakan tahap ke-2 dalam program Prioritas Nasional Badan POM yaitu Sekolah dengan PJAS Aman yang tahun ini dilaksanakan pada 2 daerah yaitu Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar.

Lebih lanjut Gusti menambahkan bahwa program PJAS yang Aman, Bermutu dan Bergizi merupakan Program Prioritas Nasional yang telah dicanangkan oleh Wakil Presiden, Boediono pada tahun 2011. “Hingga 2024 terus berlanjut, di mana sosialisasi ke masyarakat terus dilakukan,” tuturnya.

Ia pun berharap komunitas sekolah dapat memperoleh akses informasi keamanan pagan yang valid, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman komunitas sekolah terhadap keamanan pangan, dan pada akhirnya dapat membentuk perilaku keamanan pangan yang baik.

“Diharapkan (kepada) komunitas sekolah (dapat) memiliki kemampuan dalam mengenal dan memilih pangan yang aman, bermutu dan bergizi dan komunitas sekolah dapat berperan serta melakukan pengawasan peredaran pangan di lingkungan sekolah secara mandiri,” ucapnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 lalu SDN Ulu Benteng 2 Kabupaten Batola meraih peringkat 1 lomba sekolah dengan PJAS aman tingkat nasional kategori regional tengah mewakili Kalsel.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!