Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 20:44

Waspada Modus Penipuan Lewat Undangan Pernikahan Digital!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Modus Penipuan APK [Foto: BUMN Indonesia]

Banjarmasin, mu4.co.id – Hati-hati terhadap modus penipuan berupa instal aplikasi pencuri data pribadi berkedok undangan pernikahan, tagihan pajak/PLN/BPJS, atau foto resi/barang yang dikirim kurir paket palsu. Banyak korban terjebak dan kehilangan uang dalam rekening mereka.

Modus Penipuan Undangan Apk [Foto: twitter/@diskominfokbm]

Pelaku awalnya akan mengirimkan pesan dengan ekstensi ‘.apk’ dan memaksa anda untuk membukanya tanpa menjelaskan siapa pengirim/tujuan.

File tersebut merupakan aplikasi berbahaya yang bisa menyadap data pribadi (Pin ATM, KTP, nomor rekening, tempat tinggal, dll), OTP (One Time Password) mobile banking, atau bahkan mengendalikan ponsel Anda dari jauh JIKA diunduh/download.

Modus Penipuan Lewat Apk [Foto: twitter/@diskominfokbm]

Oleh karena itu jangan lakukan pengunduhan dan penginstalan aplikasi berbahaya tersebut. Waspada terhadap pesan atau link apapun yang diberikan orang tidak dikenal maupun nomor yang mengatas namakan suatu instansi atau perusahaan terkenal, karena besar kemungkinan itu adalah penipu memalsukan diri.

Lakukan pembaruan sistem software/operasi ponsel Anda untuk meningkatkan keamanan, gantilah password akun secara berkala, dan ingat untuk selalu berhati-hati mengizinkan akses aplikasi apapun. Unduhlah aplikasi lewat sumber terpercaya seperti Play Store atau App Store.

Imbauan Pencegahan Modus Penipuan [Foto: twitter/@diskominfokbm]

Lantas bagaimana jika sudah terlanjur mengklik pesan ‘.apk’ tersebut?

Lewat kompas.com, masyarakat diimbau agar tidak terburu-buru mengisi username dan password dalam aplikasi serta diminta langsung mengganti seluruh password setiap akun, terutama aplikasi perbankan (mobile banking) atau uang elektronik (Dana, Gopay, Ovo, Shopeepay, dll). Jangan lupa tambahkan 2FA (Two Factor Authentication) untuk keamanan lebih.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!