Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:52

Tercanggih di Dunia, Galeri Rasulullah di Masjid Al Jabbar Resmi Dibuka

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Gubernur Jawa Barat Meresmikan Galeri Rasulullah. [Foto: jabarprov.go.id]

Jawa Barat, mu4.co.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil resmi membuka Galeri Rasulullah pada Senin 23 Maret 2023.

“Tanggal 27 Maret ini kita secara resmi membuka fasilitas istimewa, namanya Galeri Rasulullah dan perkembangan sejarah Islam di Indonesia dan Jawa Barat, saat ini sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat umum,” kata Ridwan Kamil.

Galeri Rasulullah terletak di lantai bawah Masjid Al Jabbar, Bandung, Jawa Barat.

Saat peresmian, turut hadir Gubernur Jabar sebelumnya Ahmad Heryawan serta pejabat Pemerintahan Provinsi Jabar. Bersama Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mereka mengelilingi fasilitas seluas 3.000 meter persegi tersebut. 

Galeri Rasulullah (Foto: Harapan Rakyat)

Kang Emil menjelaskan bahwa Galeri Rasulullah ini memuat materi perkembangan Islam, mulai dari gambaran jazirah Arab sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW hingga Islam tersebar di muka bumi. 

Galeri ini juga menjelaskan sejumlah peristiwa penting seperti Isra’ Mi’raj, Hijrah Rasulullah, hingga kedatangan Islam ke bumi Nusantara.

”Galeri Rasulullah sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Materinya dimulai dari sejarah zaman jahiliyah, kelahiran Rasul di Tahun Gajah, mendapat wahyu, dan seterusnya. Ini sangat padat dan kaya informasi,” ujar Kang Emil di sela peresmian.

Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar ini diperkirakan tercanggih di dunia karena adanya pemanfaatan teknologi.

Galeri Rasulullah dengan pemanfaatan digital. (Foto: Tribun Jabar)

Kang Emil berharap Galeri Rasulullah yang memuat materi dengan menggunakan teknologi digital ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat. Ditambah fasilitas yang melengkapi Masjid Raya Al Jabbar yang berdiri di lahan seluas 25 hektar tersebut.

”Di sini ada tempat shalat yang luar biasa besar dengan kapasitas 32.000 anggota jamaah, di luar ada danau pengendali banjir, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan ini meramaikan khazanah wisata religi yang jadi kebanggan kita semua,” ujarnya.

Sebagai informasi, CEO Sembilan Matahari Adi Panuntun sebagai pelaksana proyek membeberkan anggaran yang dikeluarkan untuk membangun fasilitas ini mencapai Rp 14,5 miliar. Biaya ini diperuntukkan untuk mengelola konten yang penuh teknologi digital, mulai dari program dan perangkat lunak untuk edukasi hingga teknologi realitas dan animasi.

Yang juga membanggakan, Adi menyatakan bahwa semua konten yang ada di Galeri Rasulullah merupakan hasil karya anak bangsa.

Sekitar 400 studio penggiat industri kreatif yang akrab dengan teknologi digital ikut bergabung di dalamnya. Semuanya menggarap konten yang saling bersinergi untuk menciptakan pengalaman mempelajari keislaman secara digital.

Galeri Rasulullah ini akan dibuka setiap Rabu hingga Minggu pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Untuk sementara, pengunjung bisa datang ke galeri secara gratis, namun akses dibatasi karena menghindari kapasitas berlebih.

Benny Bachtiar, selaku Divisi Seni Budaya Sains Museum Bidang Ekonomi dan Kemandirian Masjid Raya Al-Jabbar, menyatakan bahwa pengunjung dapat memperoleh tiket daring melalui aplikasi Sapawarga.

Galeri Rasulullah yang berada di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung masih akan digratiskan untuk umum hingga dua bulan ke depan. 

Sumber: merdeka.com kompas.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!