Media Berkemajuan

18 Mei 2024, 18:45

SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Laksanakan Tasmi Al-Quran Ketiga Kalinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Tasmi Hifdzil Qur’an

Banjarmasin, mu4.co.id – SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin melaksanakan Tasmi’ Hifdzil Qur’an selama 5 hari, tepatnya 21-25 November 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin dan berlangsung mulai pukul 08.00-12.00 WITA.

Tasmi’ Hifdzil Qur’an diikuti 25 peserta dari siswa kelas 7 sampai 9. “Untuk perharinya berkisar 4-5 orang yang diuji,” kata Ahmad Huzaini, Ketua Pelaksana kegiatan. Ia menyebutkan, yang menjadi penilaian dalam Tasmi’ Hifdzil Qur’an ini adalah tahfiz (hafalan Al-Qur’an), tajwid (pelafalan huruf yang benar), dan fashahah (terang atau jelas kalimatnya).

Kegiatan Tasmi Hifdzil Qur’an [Foto: Mu4.co.id]

Seluruh siswa wajib mengikuti Tasmi Hifdzil Qur’an karena merupakan salah satu syarat kelulusan. “Untuk lulus dari SMP ini, kami memang mewajibkan minimal punya hafalan juz 30 atau 1 juz,” ungkap Ahmad Huzaini saat diwawancara Senin, (21/11/2022).

Tasmi Hifdzil Qur’an [Foto: Mu4.co.id]

Murid yang sudah hafal juz 29 dan 30 disilakan tampil lagi, misalnya untuk juz 1 dan 2. Tidak ada pembatasan bagi siswa yang ingin mengikuti tasmi’ kembali. Asal hafalan sudah bertambah satu juz, maka boleh disetorkan. “Kebetulan ini sudah tasmi’ yang ketiga kalinya. Beberapa peserta sekarang juga sudah pernah ikut di tasmi’ yang sebelumnya.”

Bagi peserta yang mengikuti Tasmi’ Hifdzil Qur’an akan mendapat reward dari sekolah berupa serifikat dan pemotongan SPP.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!