Media Berkemajuan

24 April 2024, 13:45

Sebelum Mudik Lebaran, Cermati Tips Berikut Ini!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi Transportasi Mudik [Maulidya Firyanda Sulaiman]

Banjarmasin, mu4.co.id — Cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1444 H dimulai pada 19 – 25 April 2023. Sebagian masyarakat memanfaatkan momen ini sebagai kesempatan untuk mudik ke kampung halaman mereka.

Sebelum mudik, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan semakin lancar dan efisien. Berikut Mu4.co.id rangkum tips mudik bagi Anda yang hendak bepergian.

  1. Siapkan barang bawaan dari jauh-jauh hari. Hal ini dimaksud agar tidak ada benda yang tertinggal lantaran lupa mengemas karena terburu-buru waktu mepet. Pastikan tidak melebihi kapasitas.
  2. Jangan lupa bawa vitamin, obat-obatan, hingga alat kesehatan jika diperlukan.
  3. Mengisi daya baterai ponsel, paket data, hingga pulsa. Jangan lupa membawa kabel charger hingga powerbank untuk berjaga-jaga.
  4. Apabila menggunakan alat transportasi pribadi, jangan lupa untuk periksa surat menyuratnya, mengisi penuh bahan bakar, memeriksa kondisi mesin, rem, oli, lampu, ban cadangan, dan membawa perkakas kendaraan untuk antisipasi darurat di jalan.
  5. Beristirahat yang cukup sebelum berangkat.
  6. Menggunakan protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.
  7. Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, wajib gunakan helm, jaket, dan kacamata jika diperlukan.
  8. Berangkat lebih awal agar tidak macet (baik menuju bandara/pelabuhan/menggunakan transportasi sendiri).
  9. Hindari jalan yang sepi dan sunyi, pilih rute lain. Jika memang mengharuskan, diharap lebih berhati-hati karena jalan sepi rentan dengan pelaku kejahatan.
  10. Beristirahat apabila lelah di jalan. Jangan memaksakan diri bepergian dalam keadaan penat karena dapat membahayakan diri dan orang sekitar (apabila menyetir kendaraan pribadi).
Jangan Lupa Membaca Doa Sebelum Berangkat [Foto: Malang Terkini/Achmad Hudaifi]

Hati-hati di jalan. Jangan memainkan ponsel saat berkendara. Jangan mengemudi ugal-ugalan. Utamakan keselamatan diri Anda. Ingat keluarga, saudara, dan orang tercinta sedang menunggu di tempat tujuan.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!