Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 03:38

Rencanakan Bangun Pabrik Ban, Perusahaan Kingdom Tyres Asal Arab Saudi Jajaki Kerjasama dengan Indonesia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kingdom Tyres Asal Arab Saudi Jajaki Kerjasama dengan Indonesia. [Foto: disway.id]

Jakarta, mu4.co.id – Perusahaan ban terbesar Kingdom Tyres di Arab Saudi menjajaki peluang kerja sama dengan Indonesia untuk membangun pabrik di kota industri Yanbu, Arab Saudi. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Dilansir dari cnnindonesia, rencana tersebut telah ditindaklanjuti Direktorat Fasilitas Ekspor dan Impor Kemendag dengan melakukan pertemuan pada Kamis (11/5) bersama beberapa perusahaan manufaktur ban terbesar di Indonesia yang sudah mengekspor produknya ke Arab Saudi.

“Kerja sama yang ditawarkan Kingdom Tyres kepada perusahaan di Indonesia yakni suplai bahan baku, tenaga profesional dan tenaga teknis atau operator. Rencananya, Kingdom Tyres akan membangun pabrik ban di kota industri Yanbu, Arab Saudi,” ujar Atase Perdagangan Riyadh Gunawan melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/5).

Berdasarkan perhitungan dengan metode Compound Annual Growth Rate (CAGR), kebutuhan ban di Arab Saudi sebanyak 35,70 juta unit di 2022, 33,05 juta di 2021, 30,6 juta di 2020, serta 28,48 juta pada 2019.

“Ini artinya pertumbuhan permintaan produk ban mengalami peningkatan 8 persen per tahun. Sehingga diperkirakan pada 2032 nilai kebutuhan ban diperkirakan melonjak menjadi 72,32 juta unit per tahun,” ucap Gunawan.

CEO Kingdom Tyres Sulton Alkahtani menjelaskan target pasar produk ban ini antara lain wilayah Gulf Cooperation Council (GCC), Asia Selatan, Eropa dan Afrika.

Dalam kerja sama ini pihaknya mengungkapkan akan memprioritaskan perusahaan ban dari Indonesia sebagai mitra kerja sama.

“Selain itu, kami juga telah mempersiapkan diri dengan meluncurkan terobosan revolusi di industri ban Arab Saudi bersama dengan calon mitra dari Indonesia,” sambungnya.

Sebelumnya, Kingdom Tyres telah menyampaikan ketertarikannya untuk bekerjasama dengan perusahaan Indonesia pada pertemuan bisnis antara Atase Perdagangan (Atdag) Riyadh Gunawan dengan CEO Kingdom Tyres pada Jumat 5 Mei 2023 di Riyadh, Arab Saudi.

Menanggapi hal ini Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad menambahkan, permintaan kebutuhan ban di Arab Saudi terus meningkat karena mayoritas masyarakat Arab Saudi menggunakan mobil sebagai alat transportasi. 

“Saat berkendara menggunakan mobil, masyarakat Arab Saudi merasa nyaman dengan air conditioner (AC) khususnya di iklim Arab Saudi yang cukup panas, yaitu suhu harian rata-rata di atas 40 derajat celcius. Bahkan, saat puncak musim panas suhu mencapai 45─47 derajat celcius,” ujarnya.

Kingdom Tyres merupakan anak perusahaan dari Kingdom Group, perusahaan investasi berpengalaman di bidang manufaktur seperti cat, periklanan, perusahaan baja, perusahaan real estat, pembuatan moduler-moduler listrik untuk perumahan, energi terbarukan dan konstruksi kereta api metro.

Sumber: cnnindonesia.com disway.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!