Media Berkemajuan

18 April 2024, 21:31

Pertamina Luncurkan Dua Kapal Tanker Raksasa Ramah Lingkungan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pertamina luncurkan dua kapal tanker raksasa. [Foto: Dok. PIS]

Jakarta, mu4.co.id – PT Pertamina International Shipping (PIS) menambah dua kapal tanker raksasa yakni Very Large Gas Carrier (VLGC). Kapal ini akan dioptimalkan untuk mengangkut komoditas LPG baik di dalam maupun di luar negeri.

Adapun 2 VLGC tersebut yakni VLGC Pertamina Gas Tulip dan VLGC Pertamina Gas Bergenia. Kedua kapal yang diluncurkan pada Selasa (9/1/2024) di Korea Selatan itu merupakan kapal tanker gas raksasa terbesar di dunia yang menggunakan teknologi terkini dan ramah lingkungan.

Baca juga: Indonesia Tuai Pujian, Jadi Satu-satunya yang Mampu Buat Kapal Perang di ASEAN

Masing-masing tanker itu berukuran sepanjang 2 kali lapangan bola, dibangun di galangan Hyundai Samho, Korea Selatan.

Dikutip dari salah satu postingan Instagram PIS, VLGC tersebut punya kapasitas 100-200 ribu meter kubik. PIS menyebut hal ini menunjukkan keseriusan perusahaan untuk terus tumbuh dan bersaing secara global.

“Kapal tanker gas raksasa ini mengangkut komoditas LPG, dengan memiliki panjang 250-300 meter atau setara 2-3x lapangan bola. VLGC juga memiliki kapasitas 100 ribu-200 ribu meter kubik,” tulis Instagram PIS.

Kepemilikan kedua tanker ini merupakan hasil kerja sama PIS dengan perusahaan trading energi global, BGN, yang dimulai sejak penandatanganan MoU, Desember 2022 lalu.

Peluncuran kapal baru itu diresmikan langsung oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Group CEO BGN Ruya Bayegan, Presiden and CEO Hyundai Samho Heavy Industries Shin Hyeon Dae, CEO Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi, dan disaksikan oleh Komisaris Pertamina Iggi Haruman Achsien dan Komisaris PIS Lina Santi.

Baca juga: PT Pertamina Akan Investasi di Aljazair Sebesar Rp13,9 Triliun Ditandai dengan Penandatanganan MoU

“Kehadiran dua kapal VLGC ini tentunya bisa meningkatkan kemampuan Pertamina Group dalam mengamankan pasokan energi untuk mendukung ketahanan energi nasional, sekaligus dengan teknologi terkininya menjadi bukti bahwa Pertamina Group berkomitmen terhadap bisnis berkelanjutan,” ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

VLGC terbaru ini, kata Nicke, juga telah memenuhi syarat untuk berlayar di kancah internasional, sehingga bisa memperluas ekspansi market di pasar global untuk mengharumkan nama Indonesia.

Sumber: detiknews Liputan6.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!