Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 01:43

Perbaikan Trotoar dan Drainase di Kawasan Kota Lama, Beberapa Kedai Sempat Turun Omset Hingga Memilih Tutup

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kawasan Kota Lama di Jalan Simpang Hasanuddin HM [Foto: kompas.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin mempercantik Kawasan Kota Lama di Jalan Simpang Hasanuddin HM, Banjarmasin dengan memperbaiki trotoar dan drainase (saluran air) yang baru saja rampung.

Karenanya kawasan tersebut menjadi lebih indah dan nyaman, ditambah juga ada penambahan beberapa ornamen seperti lampu jalan, meja dan lainnya.

Namun sebelumnya pada masa perbaikan trotoar dan drainase tersebut, para pengusaha kedai di kawasan itu mengalami penurunan omset yang sangat pesat, hingga penutupan kedai.

Baca juga: Proyek Jalan Poros di Kotabaru Terhenti, Karena Ini!

Hal itu dikarenakan adanya galian-galian, material dan alat berat di kawasan kuliner tersebut menjadikan akses masuk ke kedai tertutup dan membuat para pengunjung menjadi sulit untuk memasuki beberapa gerai yang ada di sana.

Sejumlah material dan alat berat di kawasan Kota Lama, Banjarmasin [Foto: tribunnews.com]

Namun, diketahui pembangunan drainase dan trotoar tersebut diapresiasi dan telah disetujui oleh seluruh pemilik usaha di Kawasan Kota Lama itu sebelum pengerjaan dilakukan.

Karyawan di salah satu kedai di Kota Lama Banjarmasin, Iky mengatakan, “Hampir 2 bulan lebih omset menurun drastis dan ada beberapa kedai juga terpaksa tutup sementara. Walau begitu saya cukup mengapresiasi perbaikan ini karena dalam perbaikan seperti yang kita lihat mereka bukan hanya memperbaiki drainase saja tapi malah mempercantik kawasan kota lama dengan menambahkan beberapa ornamen,” Ahad (07/01/2024).

Adapun, dana yang disiapkan mencapai Rp 7.893.029.828 atau Rp 7,8 miliar yang lebih bersumber dari APBD Banjarmasin tahun 2023. Dan dengan rampungnya perbaikan ini diharapkan akan membuat kawasan kota lama Banjarmasin dapat kembali hidup seperti masa jayanya sebelumnya yang ramai dan penuh dengan pengunjung dan wisatawan.

Sumber: shalokalindonesia.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!