Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 19:03

Penonton Gala Premiere Film Buya Hamka di Banjarmasin Diberi Suvenir Buku

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Gala premiere Film Buya Hamka serentak di 18 kota di Indonesia [9/4/2023]

Banjarmasin, mu4.co.id – Gala Premiere Film Buya Hamka diselenggarakan serentak di 18 kota di Indonesia pada Ahad, 9 April 2023, yakni di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bandung, Padang, Palembang, Medan, Yogyakarta, Semarang, Malang, Jember, Surabaya, Makassar, Solo, Lampung, Pekanbaru dan salah satunya di Banjarmasin.

Film yang menceritakan tentang perjalanan hidup Buya Hamka ini diproduksi oleh Falcon Picture dan Starvision.

Baca juga: Kisah Hidup Buya Hamka Diangkat ke Film Layar Lebar

Pada penayangan perdananya Ahad sore pukul 15 WITA di studio XXI Duta Mall Banjarmasin diikuti ratusan orang. Acara dibuka sambutan dari perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dan MUI Kalsel.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalsel, Prof. Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd mengatakan “Setelah menonton pemutaran Gala Premiere film Buya Hamka tampak kelihatan figur utuh seorang Buya sebagai agamawan (ulama), sebagai sastrawa, wartawan, budayawan serta sebagai pejuang kemerdekaan.”

Sebagai agamawan Buya selalu berdakwah di berbagai masjid dan mushalla. Sebagai satrawan beliau selalu menulis karya-karya satra yang bernilai tinggi, salah satu yang monumental yaitu buku Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dan Di bawah Lindungan Ka’bah.

Sebagai wartawan dimasa penjajahan tulisan-tulisan Buya selalu tajam menetang penjajahan Belanda hingga majalah Pedoeman Masyarakat di Medan yang dipimpin oleh Buya Hamka sempat diobrak-abrik oleh kolonial Belanda hingga ruang redaksi berantakan.

Sebagai pejuang Buya selalu membangkitkan semangat untuk mepertahankan tanah air kepada masyarakat.

Prof. Ridhahani juga berpesan dan mengajak kepada masyakat agar meluangkan waktu menonton film ini karena selain bernuansa religi, seni satra, dan juga sarat dengan pesan perjuangan.

Selain itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalsel, dr. H. Meldy Muzada Elfa mengatakan film ini banyak bercerita tentang perjalanan awal karir Buya Hamka. “Bagusnya film ini karena seolah-olah membawa penonton langsung mengetahui detil kehidupan Buya dan perjuangannya untuk kemerdekaan melalui tulisan-tulisan dan organisasi Muhammadiyah. Melihat film ini secara tidak langsung meningkatkan rasa patriotisme diri.” ujar dr. Meldy.

Turut hadir dalam gala premiere tersebut pimpinan MUI, PWM Kalsel, PWNU Kalsel, PW Pemuda Muhammadiyah, GP Ansor, Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kalsel, Dewan Da’wah Islamiyyah Indonesia Kalsel, Al Irsyad Al Islamiyyah Kalsel, Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Kalsel, Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Dosen ULM dan undangan lainnya.

Tamu undangan yang hadir pada gala premiere itu juga mendapatkan suvenir berupa buku Buya Hamka karya A. Fuadi yang sudah dibubuhi tanda tangan para pemeran utama film tersebut.

Film yang dibintangi oleh aktor Vino G Bastian dan Laudya Cynthia Bella ini dibagi menjadi tiga bagian yang berdurasi selama 7 jam. Untuk film Buya Hamka Volume I akan mulai ditayangkan di seluruh bioskop di Indonesia pada 20 April 2023 mendatang. 

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!