Media Berkemajuan

24 April 2024, 13:41

Peduli Kesehatan, Resepsi Milad Ke-111 Muhammadiyah Hadirkan Stan Cek Kesehatan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Cek Kesehatan dari FKIK UM Banjarmasin [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Cek Kesehatan dan Donor Darah, turut serta memeriahkan kegiatan Milad ke-111 Muhammadiyah tingkat Wilayah Kalimantan Selatan, Sabtu (13/01/2024).

Adapun Cek Kesehatan ini di inisiasi oleh Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB), sedangkan kegiatan Donor Darah dilakukan oleh PMI Unit Banjarmasin.

Kegiatan cek kesehatan ini merupakan program dari FKIK sendiri, yang biasanya diadakan setiap hari subuh Sabtu di masjid-masjid Banjarmasin.

Kemudian rangkaian dari cek kesehatan ini dimulai dari pendaftaran, analisa pasien, pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat hingga pemeriksaan gula darah, serta didampingi oleh dokter untuk pemberian obat-obatan.

Baca juga: Puncak Milad Ke-111 Muhammadiyah, Antusias Warga Muhammadiyah Kalsel Luar Biasa!

Selanjutnya untuk yang tim yang turut serta dalam mengecek kesehatan ini yaitu meliputi dosen dari FKIK dan mahasiswa podi profesi keperawatan sebanyak 15 orang, beserta tim dari Rumah Sakit (RS) Islam Banjarmasin.

Salah satu dosen di Program Studi Fakultas FKIK UMB, Ica Lisnawati, Ns.,M.Kep mengatakan, “Semoga ini (bisa) bermanfaat bagi masyarakat.”

“Ini bukan cuma pemeriksaan, tapi juga pemberian edukasi kesehatan terkait masalah-masalah yang ada didapat di masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, untuk kegiatan donor darah sendiri dihadirkan dalam acara puncak Milad Muhammadiyah di Kalsel ini guna memenuhi stok kebutuhan darah, karena saat ini stok darah di Kota Banjarmasin lagi kosong.

Donor darah dari PMI Unit Banjarmasin [Foto: mu4.co.id]

Teknisi Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarmasin, Indra Surya mengatakan, “Dalam acara seperti ini sangat membantu untuk memenuhi stok (darah) PMI di Kota Banjarmasin.”

“Semoga dengan adanya acara hari ini bisa terus mencukupi stok darah di PMI Kota Banjarmasin.” tuturnya.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!