Media Berkemajuan

16 Juni 2024, 07:40

PCM Banjarmasin 4 Adakan Pertemuan Silaturrahim Antar Amal Usaha

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pimpinan Cabang Muhammadiyah 4 Banjarmasin dan perwakilan masjid, mushala, dan Sekolah Alam Aisyiyah yang menghadiri kegiatan pertemuan silaturrahim. [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Banjarmasin 4 mengadakan kegiatan pertemuan silaturrahim dengan pimpinan, ketua, pengelola, takmir amal usaha pada Sabtu (1/10/2022) bertempat di ruang pertemuan SD Muhammadiyah 8-10. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 Wita hingga 12.00 Wita.

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan ruang sharing cerita, suka duka, kiat-kiat sukses dan tanya jawab antar pengurus masjid dan mushala Muhammadiyah. Kegiatan ini dihadiri Ketua PCM 4 Banjarmasin, Drs. H. Taufik Hidayat, M.M, Sekretaris PCM 4 Banjarmasin Syahriadi Ilmi, S.H.I., M.H, Wakil Sekretaris Budi Adiyani, S.E, Ketua Forum Masjid dan Mushala Muhammdiyah se-Kota Banjarmasin Maruta Saridi, perwakilan pengurus masjid Al-Mujahidin, masjid At-Tanwir, masjid At-Taqwa, masjid Al Muflihun, masjid Adz Dzakirin, mushala Basu Assudani, dan SD Alam Aisyiyah Banua Anyar.

Dalam sambutannya, H. Taufik Hidayat menyampaikan, “Sebelumnya amal usaha ini berkomunikasi secara masing-masing. Hari ini kita berikan forum agar semuanya menyampaikan perkembangan dan apa saja kendala dari masing-masing. Saat ini saya melihat positifnya dari kerja sama ini adanya semangat mengembangkan amal usaha dan bagaimana masjid-masjid ini bisa makmur kedepannya,”

Sesi diskusi dan penyampaian tiap perwakilan amal usaha. (Foto: mu4.co.id)

Setiap perwakilan dari masjid, mushala dan sekolah menyampaikan perkembangan hingga kendala yang dihadapi. Adanya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pengurus masjid karena dalam kegiatan ini antar pengurus amal usaha memberikan solusi dan menyampaikan ide-ide cemerlangnya. Seperti SD Alam Aisyiyah yang mengatakan, bahwa mereka akan membuat Aisyiyah Mart, ide tersebut disambut baik oleh semua orang yang berhadir, bahkan salah seorang perwakilan yang berhadir pada kegiatan menawarkan untuk menjadi penyuplai pada Aisyiyah Mart.

Fathurrahman mewakili takmir masjid At Tanwir berkeinginan menjadikan masjid tidak hanya sebagai pusat ibadah tetapi juga sebagai pusat pelatihan dan pemberdayaan jemaah untuk meningkatkan perekonomian, misalnya dengan budidaya ikan.

Tak jauh berbeda dengan yang disampaikan H Syamsul Arlin perwakilan takmir masjid Al Mujahidin yang mengatakan, pihaknya memiliki lahan yang masih luas di sekitar masjid sehingga terbuka peluang untuk membangun amal usaha seperti sekolah, mini market atau usaha lain untuk menunjang pendapatan masjid Al Mujahidin.

Masjid At-Taqwa juga menyampaikan rancangan desain masjid yang akan dibangun menjadi tiga lantai. “Masjid ini di desain menjadi tiga lantai, nantinya masjid ini dibuat sebagus-bagusnya, senyaman-nyamannya agar jemaah betah di masjid. Hal ini juga menjadi cara kami untuk memperbanyak jemaah,” ucap perwakilan Masjid At-Taqwa.

Ketua Forum Masjid dan Mushala se-Kota Banjarmasin, Maruta Saridi mengatakan, “Jadikan Masjid Al-Jihad ini sebagai panutan, Insya Allah nantinya masjid dan mushala kita akan menjadi makmur seperti Masjid Al-Jihad Banjarmasin,”

Terakhir, ia juga menyampaikan untuk bersama-sama bertanggung jawab dalam mengurus masjid dan mushala agar menjadi lebih makmur dan lebih baik lagi kedepannya.

Reporter: Alfina

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!