Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 14:52

Pasukan Rusia Kembali Serang Ukraina, Rebut Wilayah Baru!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Rusia Kembali Serang Ukraina [Foto: tempo.co]

Ukraina, mu4.co.id – Militer Ukraina menyatakan bahwa pasukannya telah mundur dari sebuah daerah di pinggiran Chasiv Yar di wilayah Donetsk bagian timur, sebuah kota yang strategis dimana pasukan Rusia baru-baru ini berhasil menguasai sebuah distrik, Kamis (04/07/2024).

“Komando memutuskan untuk mundur ke posisi yang lebih terlindungi dan siap,” kata juru bicara formasi pasukan darat Khortytsia Ukraina.

Jatuhnya Chasiv Yar tersebut akan membahayakan kota-kota seperti Kramatorsk dan Sloviansk, mengganggu rute pasokan kritis Ukraina, dan membawa Rusia lebih dekat ke tujuan yang dinyatakannya untuk merebut seluruh wilayah Donetsk. Sebelumnya pada Rabu diketahui Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa telah mengambil kendali distrik Novyi, terletak di sebelah barat kanal Siverskyi Donets-Donbas yang membelah bagian timur kota tersebut.

Baca juga: Akibat Perang Tak Kunjung Usai, Tentara Israel Alami Stress, Cacat, Hingga Nekat Bunuh Diri

Dalam minggu terakhir dilaporkan Kota di puncak bukit tersebut telah hancur dengan rumah dan kantor pemerintah yang hangus, dan penduduknya yang berjumlah 12.000 telah lama melarikan diri akibat hampir 1.300 serangan Rusia, dan tembakkan hampir 130 bom luncur, serta 44 serangan darat di daerah Chasiv Yar.

Selain itu, sebelumnya Gubernur Serhiy Lysak juga menulis bahwa pasukan Rusia telah menyerang daerah-daerah di dekat Nikopol dengan drone kamikaze dan artileri pada Rabu malam dan Kamis pagi, merusak infrastruktur, empat bangunan tempat tinggal, saluran gas, dan saluran listrik.

Di wilayah utara Chernihiv, Gubernur Viacheslav Chaus melaporkan bahwa sebuah drone Rusia menyerang fasilitas infrastruktur semalam, meninggalkan hampir 6.000 pelanggan tanpa listrik. Pada Rabu, serangan misil dan drone Rusia di kota Dnipro di tenggara Ukraina menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai puluhan lainnya.

Sebagai informasi, Kremlin, Rusia mengeklaim bahwa Donetsk telah menjadi pusat pertempuran sejak pasukannya menginvasi Ukraina pada Februari 2022, adalah bagian dari Rusia.
(cnbcindonesia.com)

[post-views]
Selaras