Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 15:17

Mitos dan Fakta: Adakah Dampak Minum Air Es dan Minum Saat Makan terhadap Kesehatan?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Mitos atau Fakta: Larangan Minum air es saat makan? [Foto: tribunnews.com]
Fakta atau Mitos?

Di era digital ini, informasi dengan mudah beredar dan diterima oleh masyarakat. Salah satu yang cukup sering menjadi perbincangan adalah efek buruk dari minum air es dan minum saat makan terhadap kesehatan, khususnya fungsi ginjal. Apakah hal ini benar adanya atau hanya sebatas mitos?

Air Es: Ancaman Bagi Ginjal?

Ada anggapan yang menyebutkan bahwa konsumsi air es dapat merusak ginjal karena dapat menggerus organ tersebut. Selain itu, ada pula keyakinan bahwa air es dapat memicu kontraksi otot polos di saluran pencernaan termasuk ginjal. Kontraksi tersebut memang bisa menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, namun apakah benar bisa membahayakan ginjal?

Berdasarkan pengetahuan medis saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang valid untuk mendukung klaim tersebut. Fungsi utama ginjal adalah menyaring limbah metabolisme serta kelebihan air dari darah kita. Memang penting untuk mengonsumsi cukup air guna menjaga kesehatan ginjal, tetapi suhu air – baik hangat maupun dingin – tidak memiliki dampak signifikan pada fungsi ginjal selama kita tidak mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih serta air tersebut bebas dari zat-zat berbahaya.

Baca juga: Podcast Assalamu’alaikum Dokter: “Benarkah Minum Air Es Saat Makan Membuat Makanan Jadi Beku dan Susah Dicerna?”

Minum Saat Makan: Mengganggu Pencernaan?

Ada pula pandangan yang menyatakan bahwa minum saat makan dapat mengganggu proses pencernaan karena dianggap bisa mengencerkan asam lambung dan enzim pencernaan.

Namun faktanya, minum saat makan justru dapat membantu proses pencernaan kita. Air membantu melembutkan makanan sehingga lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita. Ini mempermudah penyerapan nutrisi oleh tubuh dengan lebih efektif. Tentu saja, prinsip utamanya adalah menjaga keseimbangan – terlalu banyak minum saat makan juga bisa membuat perasaan kenyang datang lebih cepat dan berpotensi mempengaruhi asupan kalori harian.

Baca juga: Beredar Larangan Minum Setelah Makan karena Dapat Mengganggu Pencernaan. Apa Pendapat Ahli?

Kesimpulan: Mitos Atau Fakta?

Banyak mitos tentang dampak buruk minum air es dan minum saat makan pada kesehatan sering kali berasal dari pemahaman yang kurang tepat atau salah interpretasi atas fakta medis tertentu.

Faktanya adalah selama dilakukan dalam jumlah wajar dan seimbang, kedua hal tersebut tidak memberikan dampak buruk tertentu terhadap kesehatan. Mungkin ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman minum air dingin atau minum saat makan, namun hal ini lebih berkaitan dengan kondisi kesehatan individu atau preferensi pribadi mereka.

Ingatlah bahwa setiap individu memiliki keunikan dan kebutuhan kesehatan yang berbeda-beda. Selalu dengarkan tubuh kita dan lakukan apa yang terbaik untuk kesehatannya.

[post-views]
Selaras