Media Berkemajuan

24 April 2024, 14:12

Menyambut Ramadhan, PAUD ‘Aisyiyah 2 Adakan Kelas Parenting Untuk Orang Tua Siswa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kegiatan kelas parenting PAUD Aisyiyah 2. [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Dalam menyambut bulan puasa Ramadhan, PAUD Terpadu Aisyiyah 2 menyelenggarakan Kelas Parenting dengan tema “Kiat Melatih Anak Puasa Ramadhan dan Shalat Tarawih”. Acara ini bertempat di Aula Paud ‘Aisyiyah 2 pada Selasa, 5 Maret 2024.

Hj. Samihah, S.Ag, Ketua Majelis Tabligh dan Ketarjihan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Kalsel selaku narasumber dalam kelas ini menjelaskan bagaimana cara mengajarkan anak-anak agar mereka tidak merasa terkejut dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dikemudian hari.

Ia mengimbau agar orang tua mengajarkan anak berpuasa secara bertahap. Beliau mengusulkan anak-anak pada awal puasa menjalankan puasa setengah hari agar mereka merasa puasa bukan merupakan beban. Apabila anak-anak semakin lama berpuasa, maka berikan apresiasi dalam bentuk pujian ataupun sedikit imbalan agar anak termotivasi dalam menjalankan puasa.

“Kita tanamkan pada anak apa arti puasa dan apa makna dari puasa,” tutur Hj Samihah.

Ia juga mengatakan puasa sebagai pelatih kejujuran anak semisal anak tidak dalam pantauan orang tua, apakah anak akan jujur atau tidak dalam berpuasanya.

“untuk melatih kejujuran juga” lanjutnya.

Diketahui, Kelas Parenting merupakan program rutin PAUD ‘Aisyiyah 2 setiap 3 sampai 6 bulan sekali dengan tema yang berbeda-beda. Untuk tema kali ini Kepala Sekolah PAUD Terpadu ‘Aisyiyah 2, Ediyawati Tauhidiah, S. Pd mengangkat tema tentang bagaimana cara agar orang tua mengajarkan anaknya yang masih kecil untuk melaksanakan ibadah puasa.

“Adapun tujuannya untuk mengenalkan kepada orang tua cara mendidik dan mengenalkan anak menghadapi ramadhan. Mengenai puasa, mengenai tarawihnya, jadi pengenalan sejak dini,” ucap Ediyawati.

Baca Juga: Peneliti Jepang Datangi PAUD ‘Aisyiyah, Tertarik dengan Gerakan Shadaqah Sampah Disana!

Menurut pemantauan mu4.co.id, Kelas Parenting pagi ini dihadiri sekitar 26 orang tua murid.

Ediyawati berharap dengan terlaksananya kegiatan ini, orang tua bisa mengambil pembelajaran dan menerapkannya kepada anak-anaknya.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!