Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 20:04

Membanggakan! Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dipilih Jadi Sekjen Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
https://mu4.co.id/membanggakan-dosen-universitas-muhammadiyah-purwokerto-dipilih-jadi-sekjen-ikatan-ilmuan-indonesia-internasional/

Banjarmasin, mu4.co.id – apt Susanti M.Phil.,Ph.D resmi terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4). Ia merupakan Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Ia terpilih dengan afiliasi Cancer Research UK Beatson Institute, Inggris.

Susanti merupakan penemu dari  Kit BioColoMelt-Dx (Alat diagnostic molekuler deteksi kanker usus besar). Alat ini baru saja memperoleh izin edar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 1 Juli 2022. BioColoMelt-Dx ini merupakan produk pertama diagnostic molekuler kanker yang diproduksi di Indonesia.

Terpilihnya Susanti ditentukan melalui Musyawarah Internasional Luar Biasa pada Sabtu, 14 Januari 2023. Acara ini dihadiri oleh ilmuwan Indonesia dari 28 negara  yang tergabung sebagai anggota dari I-4.

Adapun rangkaian acara pada musyawarah ini yakni, sesi keynote yang dibawakan Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko dan Prof. Nizam Dirjen Dikti yang mewakili Mendikbudristek Nadiem Makarim.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai sekjen dan menjadi bagian dari pengurus inti dari I4 mendampingi Ibu ketua umum Dr. Sastia Prama Putri. Semoga ini bisa menjadi jalan bagi saya untuk terus berkontribusi memajukan kolaborasi riset dan inovasi di tanah air,” kata Susanti.

Ia juga mengatakan, I-4 merupakan organisasi ilmuwan terbesar yang menjembatani kolaborasi internasional di Indonesia melalui pemberdayaan keluaran ilmuwan diaspora di seluruh dunia.

I-4 ini memiliki tujuh wilayah, diantaranya yakni Amerika Serikat, Eropa & Inggris Raya, Timur Tengah dan Afrika, Asia Timur, Asia Tenggara, Indonesia, dan Australia.

I4 memiliki visi yakni mensinergikan seluruh potensi dari ilmuwan-ilmuwan Indonesia di seluruh dunia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Sumber: muhammadiyah.or.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!