Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 01:28

Majelis Pustaka dan Informasi Beri Pelatihan Jurnalistik Kepada Reporter mu4.co.id

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Banjarmasin, mu4.co.id – Setelah resmi diluncurkannya portal berita mu4.co.id yang merupakan bagian dari amal usaha Pimpinan Cabang Muhammadiyah Banjarmasin 4, Majelis Pustaka dan Informasi menggelar pelatihan dasar jurnalistik untuk para reporter dan kontributor pada Rabu (31/08/2022) yang nantinya akan berpartisipasi dalam mengisi konten berita seputar dakwah Muhammadiyah.

Taufik Hidayat, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Banjarmasin 4 menyebut pelatihan jurnalistik ini merupakan sebuah keharusan bagi para reporter untuk lebih memahami tentang penulisan berita yang sesuai dengan kode etik jurnalistik serta kode etik Muhammadiyah.

“Nantinya semua apa termuat dalam mu4.co.id bisa menjadi rujukan baik itu pendidikan, kesehatan serta dakwah Muhammadiyah. Apapun itu bisa kita muat dalam portral berita kita, dengan catatan tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan gerakan Muhammadiyah,” ujar Taufik saat membuka pelatihan jurnalistik di ruang rapat SD Muhammadiyah 8-10 Cempaka Banjarmasin.

Pelatihan jurnalistik diikuti oleh 17 orang peserta dari berbagai kalangan, diantaranya tenaga pendidik di sekolah Muhammadiyah.

Dua orang wartawan senior dihadirkan untuk memberikan pelatihan dasar jurnalistik, yakni Dadang redaktur Barito Post dan redaktur apahabar.com, serta Fathurrahman mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia – PWI Kalimantan Selatan.

Pelatihan dibagi dua sesi pagi dan siang, diantaranya pengetahuan tentang sejarah jurnalistik dan tata cara penulisan berita serta tanya jawab.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para jurnalis mu4.co.id bisa lebih memahami tata cara penulisan dan kode etik jurnalistik serta menulis sesuai kaidah yang tidak bertentangan dengan gerakan Muhammadiyah.
(Fadil)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!