Media Berkemajuan

16 Juni 2024, 07:43

Lazismu Al Jihad Banjarmasin Adakan Workshop Kewirausahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Workshop Kewirausahaan. [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Lazismu Al Jihad Banjarmasin mengadakan Workshop Kewirausahaan dengan tema “Penguatan perekonomian melalui pemberdayaan UMKM” pada Sabtu (11/03) di Aula SD Muhammadiyah 8-10 Banjarmasin.

Drs. H. Taufik Hidayat, M.M. Ketua PCM 4 Banjarmasin membuka langsung kegiatan ini.

Ia mengatakan, “Adanya workshop ini membentuk kita untuk mengukur diri sudah sejauh mana sebagai pelaku usaha atau UMKM, kedua bagaimana langkah-langkah kita supaya UMKM pasar jamur ini meningkat,”

“Dan ketiga bagaimana kita memperkuat jaringan hingga ke luar sana. Nah tiga hal ini harus kita diskusikan dan bicarakan.”

Workshop Kewirausahaan bertujuan untuk memberikan inovasi pada pedagang agar lebih baik dari sebelumnya.

Seperti bagaimana menciptakan produk yang inovatif, kreatif, sehingga produknya makin berkembang dari segi kualitas dan pengemasan.

Juga menambahkan khazanah keilmuan peserta tentang dunia usaha.

Adapun narasumber yang berhadir pada Workshop Kewirausahaan, yakni Dr. H. Zaki Mubarak, M.Si., M.Fin menyampaikan materi penentuan harga pokok ditinjau dari segi agama.

M. Rizky Fadhillah, S.ST., M.Tr.Bns., CIRBD menyampaikan materi digital marketing untuk pemasaran usaha dan Nurul Qomariah, S.E karyawan Bank Mualamat yang menyampaikan materi penguatan tata kelola dan manajemen usaha simpan pinjam.

Adapun peserta yang berhadir sekitar 40 orang yang terdiri dari pedagang pasar jamur dan beberapa elemen masyarakat yang telah mendaftar, serta tamu undangan.

Peserta kegiatan Workshop Kewirausahaan.

Ikbal Kepala Kantor Layanan Lazismu Al Jihad Banjarmasin mengatakan kegiatan ini akan diadakan lagi.

“Insya Allah, mudah-mudahan akan kita adakan lagi. Hasil dari ini akan kita tindak lanjut, materi apa sih yang kurang yang harus diberikan kepada mereka.”

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) PCM 4 Banjarmasin.

Sekaligus mengajarkan kepada IPM tentang pentingnya seorang pemuda itu melakukan wirausaha.

Dengan adanya kegiatan ini ia berharap, “Kita berharap dari Pasar Jamur itu dan dari para pedagang, produknya bisa go internasional dan banyak membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.”

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!