Media Berkemajuan

16 Juni 2024, 06:56

Kloter Pertama Jemaah Calon Haji Kalsel Siap Pergi ke Tanah Suci

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi Jemaah Calon Haji Berangkat [Foto: Sekkab Indonesia via jernih.id]

Banjarmasin, mu4.co.id — Kloter pertama Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Banjarmasin akan diberangkatkan pada Senin, (29/5/2023) melalui Bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebanyak 323 jemaah asal Kabupaten Banjar siap lepas landas menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor GIA 8101 jenis Airbus 330-300 pada pukul 13.50 WITA.

Baca Juga: Simak Rencana Perjalanan Haji, Jadwal Pemberangkatan, dan Pemulangan Jemaah Haji

5 orang petugas kloter yang terdiri dari ketua, penyuluh ibadah haji, 1 dokter, dan 2 perawat juga diberangkatkan bersamaan dengan para jemaah.

“Kloter pertama akan tiba di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz di Madinah, Senin, 29 Mei, pukul 21.10 waktu setempat,” papar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalsel, H. Muhammad Tambrin, Ahad (28/5/2023), dikutip dari banjarmasin.tribunnews.com.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dijadwalkan akan mengantar para JCH lepas landas menuju Tanah Suci Mekkah.

Baca Juga: Madinah Diguyur Hujan Es, Bagaimana Nasib Penerbangan Jamaah Haji?

Berdasar informasi dari Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Kalsel, H. Rusbandi mengatakan bahwa total JCH asal Kalsel dan Kalteng (Kalimantan Tengah) yang akan berangkat berjumlah 5.493 orang.

Rusbandi memaparkan, 5.493 orang itu terdiri dari 3.818 jemaah asal Kalsel dan 1.590 JCH dari Kalteng. Para jemaah tersebut telah dibagi menjadi 17 kloter. JCH asal Kalsel berjumlah 12 kloter, sedangkan jemaah Kalteng terdapat 4 kloter, sisanya ada 1 kloter campuran Kalsel dan Kalteng.

Baca Juga: Luar Biasa! Pasutri Asal Bandung Pergi Haji Menggunakan Motor

“Keberangkatan JCH asal Kalsel dan Kalteng ini dibagi dalam 17 kloter dan kloter terakhir asal Kalsel akan bergabung dengan JCH asal Padang,” terang Rusbandi, dilansir dari metrotvnews.com.

Para jemaah dalam kloter kedua asal Kabupaten Tabalong akan diberangkatkan ada Selasa, (30/5/2023). Untuk JCH asal Provinsi Kalteng lepas landas Rabu, (31/5/2023).

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com (Muhammad Rahmadi/Alpri Widianjono) dan metrotvnews.com (Meilikhah)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!