Media Berkemajuan

16 Juni 2024, 06:51

Khotbah Ustaz Rahmat Puteh, Sebut Berbagai Keuntungan Bagi Orang yang Berpuasa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi Shalat Idulfitri [Foto: Pexels/Rayn L via mengerti.id]

Banjarmasin, mu4.co.id — Ustaz Rahmat Puteh, M.A., isi khotbah Hari Raya Idulfitri 1444 H di Masjid Hasanuddin Madjedie Banjarmasin, Jumat (21/4/2023). Dalam ceramahnya ia menjelaskan beberapa hal, termasuk tentang keuntungan orang yang berpuasa.

“Puasa adalah sarana yang disediakan Allah bagi orang beriman untuk memulai perubahan. Perubahan itu tidak datang dari luar atau diturunkan dari langit, tetapi bermula dari dirinya sendiri,” ujar Ustaz Rahmat Puteh.

Ustaz Rahmat Puteh mengatakan, orang yang beriman selalu mendambakan perubahan yang menjadikan dirinya lebih baik, makin saleh, taat, jujur, adil, disiplin, bersih, sehat, santun, lembut, penyayang, dan khusyuk dalam beribadah.

Baca Juga: Ciri Puasa Ramadhan yang Diterima

Selain perubahan positif tersebut, puasa juga memberi dampak yang baik seperti:

1. Ketenangan Hati dan Ketentraman Batin

  • Orang yang berpuasa itu hatinya menjadi tenang. Sebab hati yang gelisah itu muncul karena adanya hawa nafsu dan godaan setan. Kedua hal tersebut dapat ditekan dengan berpuasa.

2. Ketekunan dalam Beribadah

3. Hawa Nafsu Mulai Terkendali

  • Di bulan Ramadhan, manusia dilatih mengendalikan hawa nafsu, menahan lapar, haus, dan berbagai godaan dengan cara berpuasa.

4. Jujur dan Amanah

  • Puasa mendidik umat Islam untuk jujur dalam bersikap dan berucap. Karena jika berbohong, puasa manusia saat itu akan rusak dan tidak mendapatkan apa-apa.
[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!