Media Berkemajuan

17 April 2024, 20:46

Kapal Legendaris KRI Dewaruci dan KRI Makassar-590 Singgah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi Kapal Perang RI [KRI] Dewaruci [Foto: antaranews.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Dua unit Kapal Perang RI (KRI) yaitu KRI Dewaruci dan KRI Makassar-590, beserta taruna/kadet Akademi Angkatan Laut (TNI AL) tingkat II angkatan ke-71 bersandar di dermaga Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Rabu (15/11/2023).

Kedatangan kapal tersebut dalam upaya untuk peningkatan keterampilan dan profesionalitas 190 orang calon Perwira TNI Angkatan Laut yang kini menjalankan Latihan Praktek Pelayaran Jalasesya 2023.

Kehadiran mereka di Banjarmasin dari tanggal 15 November sampai 18 November 2023, dan dibuka umum untuk menikmati kapal legendaris Indonesia itu. Jadi bagi masyarakat atau warga Banjarmasin yang hendak berkunjung ke KRI bisa mendatangi ke Pelabuhan Trisakti.

“Kapal ini bisa dinikmati warga Banjarmasin untuk berfoto dan melihat langsung kapal bersejarah hingga 18 November 2023,” ucap Letkol Sugeng, Komandan KRI Dewa Rucci.

Selain itu, selama berada di Banjarmasin berbagai kegiatan mereka lakukan mulai bakti sosial bersih-bersih sungai dan masjid, hingga mengunjungi situs-situs sejarah di Kalsel.

Baca juga: Dharma Kartika II, Kapal Berfasilitas Mewah Buka Rute Banjarmasin-Surabaya

Adapun, kapal-kapal tersebut merupakan kapal pelatihan TNI AL yang berbasis di Surabaya. Setiap tahun, kadet AAL berlayar menaiki KRI Dewaruci ke berbagai belahan dunia untuk berlatih pelayaran bintang, atau disebut Kartika Jala Krida, dan kerap meraih berbagai prestasi bertaraf Internasional.

Selain itu, KRI Dewaruci yang akan memasuki usia 70 tahun ini dijuluki sebagai Sang Legenda dan akan dijadikan sebagai Cagar Budaya, karena merupakan kapal satu-satunya yang ada di dunia dengan tipe Barquentine (kapal layar dengan tiga atau lebih tiang layar).

Kapal tersebut memiliki 3 tiang utama, dan 16 layar, serta terdapat Bendera Merah Putih berukuran besar yang berkibar di bagian belakang kapal, begitu juga bendera dari negara lain yang menghiasi bentangan layarnya.

Kedatangan Kapal tersebut langsung disambut baik oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel, Drs HC H Supian HK SH MH, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut Agus Setyawan, S.H. beserta Forkopimda, dan para pejabat utama TNI AL.

“Kita sambut kedatangan KRI Dewaruci dan KRI Makassar 590 ke Banjarmasin. Selamat datang kepada para taruna AAL. Semoga misinya lancar dan sukses. Dan Ini keduakalinya KRI Dewaruci datang ke Banua. Kita harus bangga, karena Angkatan Laut merupakan kebanggaan dan pioneer masyarakat Indonesia. Tugas mereka yang menjaga kedaulatan di laut, terutama perbatasan,” ujar Paman Birin.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor saat di Pelabuhan Trisakti (15/11/2023) [Foto: metro7.co.id]

Setelah sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, kapal-kapal tersebut akan berlayar kembali menuju Banyuwangi. “Setelah dari Banyuwangi, baru kami kembali lagi ke Surabaya,” ungkap Agus Setyawan.

Sumber: Radar Banjarmasin

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!