Jakarta, mu4.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembalikan tas Louis Vuitton yang tertinggal di Kereta Api (KA) Sembrani relasi Semarang Tawang Bank Jateng menuju Gambir.
Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menjelaskan bahwa Achmad Hidayatul Ikhsan, petugas Security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, menemukan tas coklat milik calon penumpang di area tunggu stasiun sebelah timur.
Pada saat itu, stasiun ramai oleh calon penumpang karena sedang dalam masa Angkutan Lebaran tahun 2024/1445 H.
Pada Ahad (7/4), salah satu penumpang KA Sembrani dari Semarang Tawang Bank Jateng menuju Gambir melaporkan kepada petugas keamanan di KA Sembrani bahwa tasnya tertinggal di area tunggu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.
Petugas keamanan KA Sembrani segera melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Pengamanan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng untuk dilakukan penyisiran di lokasi yang dimaksud.
“Alhasil, petugas Security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng berhasil mengamankan barang dimaksud berupa tas berwarna coklat dengan merk Louis Vuitton dan berisi 5 buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM) dengan taksiran barang senilai Rp 510 juta,” jelas Joni dikutip dari Kompas, Rabu (10/4).
Tas beserta isinya langsung dikirim ke Pos Pengamanan Stasiun Gambir menggunakan KA Argo Bromo Anggrek dengan pengawalan oleh Petugas Pengamanan Kereta. Barang tersebut tiba di Pos Pengamanan Stasiun Gambir pada pukul 17.30 WIB dan langsung diserahkan kepada pemiliknya.
Pemilik barang mengucapkan terima kasih yang tulus kepada KAI karena telah menemukan barang berharganya. Ia juga menghargai integritas yang dimiliki oleh petugas KAI dalam menjalankan tugasnya.
Baca Juga: Sebelum Mudik Lebaran, Cermati Tips Berikut Ini!
Joni menegaskan bahwa barang bawaan seharusnya menjadi tanggung jawab penumpang sendiri, meskipun KAI menyediakan fasilitas keamanan yang memadai. Ini mengingatkan penumpang agar tetap waspada dan tidak lengah terhadap keamanan barang bawaan mereka.
Pihak KAI mengimbau penumpang yang kehilangan barang di dalam kereta api atau di stasiun untuk segera melaporkannya kepada petugas, seperti kondektur di atas kereta atau petugas pengamanan di stasiun, atau melalui Contact Center KAI di 121.
Selama periode angkutan Lebaran 2024 dari 31 Maret-8 April 2024, KAI telah mengembalikan 132 barang temuan kepada pemiliknya dengan nilai total sekitar Rp 793.475.000. Barang-barang yang dikembalikan tersebut meliputi laptop, HP, tablet, smartwatch, dompet, makanan, dan lain-lain.
“Pada masa peak season khususnya di momen Angkutan Lebaran ini memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah. Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel” tuturnya.
Sumber: Kompas.com