Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:03

Jadi Tontonan Warga, Hingga Kini Evakuasi Buaya Pelambuan  Belum Berhasil Dilakukan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Tim Animal Rescue Banjarmasin dan Satpolairud Polresta Banjarmasin saat melakukan pemantauan di lokasi munculnya buaya di Sungai Pelambuan [Foto: Banjarmasin Post]

Banjarmasin, mu4.co.id – Upaya pencarian dan evakuasi buaya di kawasan Pelambuan, Gang Safari, Banjarmasin Barat oleh tim gabungan BPBD, Satpolair, dan Animal Rescue Banjarmasin masih belum membuahkan hasil selama sepekan terakhir.

Ketua Tim Animal Rescue Banjarmasin, Annang Dwijatmiko mengatakan bahwa antusias warga yang menonton proses evakuasi membuat buaya lebih waspada.

“Langsung kabur ketika banyak yang menonton. Ditambah lagi, kemunculan buaya itu juga dekat sekali dengan permukiman warga,” ungkapnya, Jumat (10/05/2024).

Oleh karena itu, buaya tersebut kini jarang menampakkan diri. “Mungkin tiap hari muncul saja, tapi malam hari ketika warga tidur atau saat sepi. Terakhir laporan kemunculannya itu Rabu, 08 Mei 2024,” tambahnya.

Baca juga: Buaya Muncul Lagi! Kali Ini di Wilayah Banjarmasin Barat

Lebih lanjut Annang juga mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu kiriman perangkap khusus buaya. Karena jika menggunakan jebakan yang ada, dan dipancing menggunakan umpan ayam dan itik, ia mengakui cukup kesulitan karena ramainya warga yang menonton.

“Kami masih menunggu kedatangan alat (perangkap) dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel,” ucapnya, Jumat (10/05/2024).

Selain itu, dilaporkan juga adanya buaya yang berukuran lebih kecil di Gang 1007, yang bersebelahan dengan Gang Safari. Annang pun menyebut ada kemungkinan buaya lain yang berkeliaran di kawasan Pelambuan.”Iya, kemungkinan tidak hanya ada satu ekor,” ungkapnya.

Di sisi lain dirinya juga mengimbau kepada warga setempat agar bisa meningkatkan kewaspadaan. Khususnya ketika beraktivitas di sungai. “Papan imbauan dan larangan sudah dipasang di sekitar sungai, mohon kiranya bisa ditaati,” paparnya.

Sumber: Radar Banjarmasin

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!