Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 05:36

Indonesia Kalah 0-1 Dari Guinea, Tak Ada VAR, STY Dapat Kartu Merah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Indonesia vs Guinea. [Foto: Instagram @ussfeeds]

Perancis, mu4.co.id – Timnas Indonesia U-23 harus menerima kekalahan dari Guinea dalam laga Playoff Olimpiade 2024 dengan skor 0-1.

Laga play-off Indonesia vs Guinea digelar di Clairefontaine, Perancis, pada Kamis (9/5) malam WIB.

Guinea mendapat penalti setelah Witan melanggar Algassime Bah pada menit ke-27. Jika meninjau rekaman ulang, terungkap bahwa pelanggaran Witan Sulaeman terhadap Algassime Bah terjadi di luar kotak penalti. Namun, wasit Letexier Francois memutuskan untuk memberikan penalti.

Algassime Bah terjatuh di dalam kotak penalti setelah disenggol oleh Witan. Sayangnya laga ini dilakukan tanpa Video Assistant Referee (VAR). Indonesia tidak dapat meminta peninjauan ulang yang bisa menyelamatkan mereka dari hasil yang buruk. Jika VAR digunakan, wasit dapat meninjau kembali keputusannya.

Ilaix Moriba, yang merupakan jebolan dari Barcelona pun mengambil kesempatan sebagai eksekutor penalti. 

Moriba berhasil menjalankan tugasnya dengan baik saat bola mengarah ke tengah dan masuk ke gawang timnas U23 Indonesia pada menit ke-29.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta, sehingga Guinea memasuki babak kedua dengan memimpin 1-0 melawan timnas Indonesia. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Bersiap, Ini Keunggulan Timnas Guinea U-23. Troussier: Sulit Melawan Mereka…

Saat babak kedua dimulai, Nathan Tjoe-A-On membuat penyelamatan penting untuk mencegah Guinea mencetak gol pada menit ke-52.

Guinea kembali mendapat penalti setelah Dewangga dianggap melakukan pelanggaran terhadap Algassime Bah di dalam kotak penalti pada menit ke-71. Hal ini menuai banyak perdebatan.

Shin Tae-yong kemudian melakukan protes keras sehingga wasit Francois Letexier memberinya kartu merah pada menit ke-75. 

Algassime Bah kemudian menjadi eksekutor. Tetapi, pemain berusia 21 tahun itu gagal menyelesaikan tugasnya karena sepakannya mengenai tiang.

Namun, timnas U23 Indonesia tidak mampu mengejar ketertinggalan dan tidak berhasil menciptakan peluang hingga akhir pertandingan, sehingga harus menerima kekalahan 0-1 dari Guinea.

Susunan Pemain

Indonesia: 21-Ernando Ari; 3-Muhammad Ferarri, 4-Nathan Tjoe-A-On, 5-Komang Teguh (19-Alfeandra Dewangga 51’), 13-Bagas Kaffa, 12-Pratama Arhan, 6-Ivar Jenner, 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman, 11-Kelly Sroyer (9-Ramadhan Sananta 60’), 10-Rafael Struick (20-Hokky Caraka 90’). 

Guinea: 1-Soumaila Sylla; 14-Ibrahima Diakite, 5-Saidou Sow, 4-Mohamed soumah, 13-Maadiou Keita, 17-Issiaga Camara (6-Fode Camara 66’), 18-Aguibou Camara, 10-Moribba Kourouma, 11-Ousmane Camara (9-Momo Fanye Toure 87’), 12-Algassime Bah (15-Amadou Diallo 90+2′), 19-Facinet Conte (7-Alseny Soumah 46’).

Sumber: Kompas, detiknews

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!