Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 15:08

Haedar Nashir Serukan Umat Muslim di Seluruh Dunia Hijrah ke Kalender Islam Global Tunggal!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir Serukan Hijrah ke Kalender Islam Global Tunggal [Foto: Instagram @haedarnashirofficial]

Jakarta, mu4.co.id – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyerukan kepada umat Islam seluruh dunia untuk hijrah atau berpindah ke Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT), sebab menurutnya selama ini selalu ada perbedaan ketika umat Islam menentukan kalender Hijriah.

“Saatnya umat Islam sedunia hijrah ke Kalender Islam Global Tunggal sebagai bayar utang peradaban. Sungguh malu Dunia Muslim dalam menentukan hari, tanggal, dan tahun baru Hijriah masih berbeda antarnegara maupun di satu negara. Apalagi menentukannya dengan cara dadakan yang mengandung ketidakpastian,” kata Haedar di akun Instagramnya @haedarnashirofficial, Selasa (09/07/2024).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan satu kalender Masehi sudah sejak lama menjadi rujukan umat manusia di dunia. Oleh karena itu, menurutnya perlu ijtihad dan penafsiran baru atas hadis Nabi soal penentuan bulan baru agar tidak terjebak pada status quo (kondisi saat ini) dimana pemahaman keagamaan yang normatif dan jumud.

Baca juga: Setelah Proses Panjang, Muhammadiyah Bakal Gunakan Kalender Hijriah Global Tunggal

“Bukankah peredaran benda-benda langit itu berada dalam hukum sunatullah yang pasti dan tidak spekulasi. Mari berhijrah meninggalkan ketidakpastian menuju kepastian dalam penentuan hari, bulan, dan tahun Hijriah. Sebagai bukti umat Islam tinggi kualitas keilmuan dan kemajuan peradabannya,” serunya.

“Bukankah Allah memerintahkan umat Islam untuk iqra, berpikir, dan menggunakan ilmu pengetahuan agar umat beriman meraih derajat tertinggi. Allah pun menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesukaran dalam beragama,” lanjutnya seraya mengutip ayat suci Al-Qur’an Surat Al-Baqarah: 185.

Baca juga: Haedar: Diperlukan Kalender Hijriah Global Untuk Solusi Perbedaan Penetapan Hari Raya

Adapun Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) sendiri merupakan inisiatif visioner dari Muhammadiyah untuk menciptakan kalender Islam yang seragam di seluruh dunia, sebagai bentuk respons terhadap kebutuhan akan kepastian dan ketepatan dalam pelaksanaan ibadah yang bersifat global.

Sebagai informasi Muhammadiyah telah dikenal sebagai penganut mazhab Hisab Hakiki Wujudul Hilal dalam menyusun kalender Hijriahnya sejak tahun 1932 hingga pertengahan 2024. Kendati demikian metode tersebut masih bersifat lokal dan terbatas pada wilayah Indonesia, dimana dalam metode tersebut muncul sejumlah permasalahan terutama dalam pelaksanaan ibadah yang waktunya terkait dengan lokasi geografis tertentu, seperti puasa Arafah. Oleh karena itu Muhammadiyah memandang perlunya kalender yang lebih universal. (detik.com)

[post-views]
Selaras