Media Berkemajuan

14 Juni 2024, 09:42

Bolehkah Konsumsi Obat Tidur Tanpa Resep Dokter?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ilustrasi obat tidur. [Foto: addictionrehabtoronto.com]

Obat tidur sering dijadikan sebagai alternatif ketika seseorang merasa sulit untuk tidur. Meskipun penggunaanya diperbolehkan, obat tidur sebenarnya memiliki efek samping. Latifah pendengar Spotify Assalamualaikum Dokter mengajukan pertanyaan terkait konsumsi obat tidur, “Saya perempuan usia 55 tahun, sering mengalami susah tidur kalau malam hari. Kadang terpaksa minum obat tidur. Yang mau saya tanyakan, bolehkah minum obat tidur tanpa resep dokter dan bolehkah minum obat tidur setiap malam? Apakah ada dampak negatif bila diminum terus menerus?”

dr. Meldy Muzada Elfa, Sp.PD., FINASIM mengulas pertanyaan tersebut. Mengonsumsi obat tidur tanpa resep dokter itu tidak diperbolehkan apalagi jika golongan obat tidurnya benzodiazepine. Obat ini akan berdampak negatif jika dikonsumsi terus menerus dan  adanya efek ketergantungan berkepanjangan.

“Tidur lelap secara alami tampaknya hanya mimpi ketika kita telah mengonsumsi obat tidur secara terus menerus. Ketika tidak mengonsumsi obat tersebut kita akan merasa tidur tapi seperti tidak tidur. Inilah yang disebut ketergantungan.” jelas dr. Meldy.

Selain itu, obat tidur jika diminum secara rutin tanpa ada indikasi yang dibenarkan maka akan membuat seseorang menjadi sering lupa, pusing, bingung dan sulit untuk konsentrasi serta sulit berpikir keesokan harinya. 

Orang yang mengonsumsi obat tidur secara terus menerus tanpa resep dokter akan terus menaikkan dosis konsumsi sehingga menimbulkan efek samping yang lebih besar lagi.

Faktor lain yang harus dicari tahu sebelum mengonsumsi obat tidur yakni, kita juga harus mengetahui kenapa semakin tua usia, semakin sulit untuk tidur. Biasanya sulitnya tidur itu mungkin ada pemicu lainnya yang menyebabkan gangguan kesehatan mental. Contohnya, seseorang yang punya kecemasan berlebih dia akan sulit tidur, sehingga pengobatan yang diberikan adalah untuk mengurangi rasa cemasnya bukan malah mengonsumsi obat tidur. 

Atau barangkali tidak bisa tidur itu karena efek samping dari obat-obat tertentu, maka tentunya efek samping dari obat tersebut diperhatikan lagi apakah akan diberikan atau tidak. Jadi Jangan sampai nanti kita mengkonsumsi obat tidur tanpa ada indikasi yang jelas, karena sangat berbahaya. Maka dari itu, mengonsumsi obat tidur haruslah sesuai dengan anjuran dan resep dokter. Jangan pernah mencoba-coba mengonsumsi jika tidak ada indikasi.

Editor: Alfina Amalia

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!