Media Berkemajuan

18 April 2024, 22:13

Begini Penjelasan BMKG Terkait Cuaca Panas di Banjarmasin Akhir-akhir Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Cuaca panas di wilayah Kinibalu hari ini, Senin (19/2). [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Dalam beberapa hari terakhir, Rizky Wardana mencatat bahwa suhu di Kota Banjarmasin terasa lebih panas dari yang biasanya, baik di siang hari maupun malam hari.

“Kalau tidak pakai pendingin ruangan, sangat berasa gerahnya ketika malam,” ucap warga Alalak Utara ini, dikutip dari TribunBanjarmasin, Senin (19/2).

Baca Juga: Siap-siap, Pemkot Banjarmasin Naikkan Tarif Parkir Mulai April 2024. Segini Rinciannya!

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengakui bahwa suhu yang tinggi akhir-akhir ini tidak seperti biasanya.

Menurut BMKG, situasi ini terjadi karena adanya pusat tekanan udara rendah di bagian selatan Indonesia, yang mengakibatkan pola angin divergen (menyebar) di wilayah Kalsel.

Baca Juga: Rute Bus Tayo Bakal Sampai Kota Pelaihari!

“Dampak yang diakibatkan pola angin divergensi tersebut berkurangnya tutupan awan di wilayah Kalsel yang mana berdampak pada peningkatan suhu udara di pagi hingga siang hari, namun masih berpotensi hujan di wilayah Kalsel pada sore hingga malam hari,” ungkap BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap memperhatikan kesehatan tubuh dan menjaga asupan cairan yang cukup, terutama bagi yang melakukan aktivitas di luar ruangan saat siang hari. Tujuannya adalah untuk menghindari dehidrasi, kelelahan, dan efek negatif lainnya.

Sumber: TribunBanjarmasin

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!