Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 02:17

Baru Diresmikan, Bank Sampah Masjid Al Jihad Bantu Pemko Banjarmasin Kelola Sampah di Banjarmasin!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Baru Diresmikan, Bank Sampah Masjid Al Jihad, Bantu Pemerintah Kota Banjarmasin Mengelola Sampah yang ada di Banjarmasin, Rabu (03/01/2024]) [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Bank Sampah Masjid Al Jihad Banjarmasin baru saja diresmikan oleh Asisten 1 Sekda Kota Banjarmasin Dr Machli Riyadi yang ditandai dengan pemotongan untaian melati, bertempat di lapangan PAUD Terpadu TK ‘Aisyiyah 2 Banjarmasin, Rabu (03/01/2024) siang.

Pembangunan Bank Sampah di Masjid Al-Jihad Banjarmasin tersebut dibantu oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin yang bekerjasama dengan Bank Kalsel melalui Yayasan Cakrawala Indonesia Terang.

Acara peresmian Bank Sampah ini juga turut dihadiri oleh Asisten II Setdako Banjarmasin Madyan, Kabag Keberlanjutan Usaha dan Penanganan Hukum Perusahaan, Divisi Sekretaris Bank Kalsel Shah Rizky Kurniawan, Staf Muda Lingkungan Dendy dan jajaran terkait, serta Pembina Masjid Al-Jihad Banjarmasin.

Pemko Banjarmasin mengapresiasi atas inovasi adanya Bank Sampah Masjid Al Jihad Banjarmasin, karena sangat membantu Pemko Banjarmasin dalam mengelola sampah di Banjarmasin, yang diketahui mencapai 500 Ton sampah yang dihasilkan per harinya.

Asisten 1 Sekda Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mewakili Pemerintah Kota Banjarmasin berharap dengan adanya bank Sampah ini dapat menjadi trigger (pemicu) agar mendorong masyarakat termasuk para pengelola/takmir Masjid lain yang ada di Kota Banjarmasin serta dapat menjadi contoh di Kalimantan Selatan untuk menciptakan Bank-bank Sampah juga.

Machli Riyadi mengatakan, “Kalau tidak bersama-sama dengan masyarakat mengelolanya hanya menyerahkannya kepada pemerintah saja, tentu tidak akan selesai.”

Baca juga: PCM Banjarmasin 4 Kelola AUM Secara Profesional dan Berkemajuan. Memberi Manfaat untuk Khalayak

Mengelola Bank Sampah dengan konsep perbankan seperti ini, yaitu dengan cara memilah sampah dari rumah kemudian membawanya ke Masjid dan dikelola dengan baik, akan memudahkan manajemen Bank Sampah untuk mencari nasabah.

“Jadi sambil ia beribadah ke Masjid, ia (juga) menabung sebenarnya. Karena kita tahu di Masjid Al Jihad sudah punya jamaahnya, sehingga tinggal mengajak para jamaah untuk datang ke masjid sekaligus membawa sampah yang sudah dipilah dari rumah,” ungkap Machli.

Selanjutnya Ketua Takmir Masjid Al Jihad Banjarmasin, Drs. H. Taufik Hidayat, M.M, berharap agar Bank Sampah tersebut sebagai komunitas yang tidak hanya sebagai formalitas, tetapi benar-benar dijalankan dengan baik dan profesional, serta jangan sampai menjadi beban, melainkan kebutuhan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemko Banjarmasin dan Bank Kalsel atas bantuannya. Drs. H. Taufik Hidayat, M.M, mengatakan, “Semoga (Bank Sampah) ini bisa berlangsung terus-menerus, dan tidak di awalnya saja, serta terus berkembang dan lebih maju lagi, sehingga menjadi unggulan kita di Masjid Al Jihad dan di Kota Banjarmasin.”

Sementara itu dalam pernyataan terpisah Wakil Wali Kota Banjarmasin, H. Arifin Noor, mengatakan, “Mari terus dukung program-pogram konservasi alam dan pengelolaan sampah, serta jaga kebersihan lingkungan sebagai wujud cinta kepada alam dan bentuk ibadah kepada Allah SWT. Mudah-mudahan kebaikan dan keberkahan senantiasa selalu menyertai upaya-upaya kita semua.”

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!