Media Berkemajuan

18 April 2024, 23:13

Balai Pengobatan Masjid Al Jihad Banjarmasin Siap Meningkat Menjadi Klinik Pratama

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Balai Pengobatan Al Jihad
Balai Pengobatan Masjid Al Jihad Banjarmasin segera layani pemeriksaan gratis kepada jemaah [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Masjid Al Jihad Banjarmasin akan membuka Balai Pengobatan untuk jemaah yang ingin memeriksakan kesehatannya secara gratis pada Ahad (11/2/2024).

Balai Pengobatan tersebut berada di bagian depan masjid atau tepatnya di samping kantor sekretariat Masjid Al Jihad Jl Cempaka Besar no.24 Banjarmasin.

Sebelumnya beberapa tahun lalu, Masjid Al Jihad memang sudah memiliki Balai Pengobatan tetapi kemudian berhenti karena padatnya kesibukan tenaga medis yang ada.

Kini Masjid Al Jihad Banjarmasin kembali membuka Balai Pengobatan gratis kepada jemaah setiap Ahad malam bakda maghrib.

Baca juga: PCA Banjarmasin 4, Berikan Pengobatan Gratis Bagi Ibu-ibu Jemaah Masjid Al-Jihad Banjarmasin

Medical check-up dan pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi pemeriksaan penyakit kronik seperti darah tinggi, penyakit lambung, gula darah serta untuk penyakit akut seperti demam, flu, batuk, infeksi dan lainnya.

Penanggungjawab Balai Pengobatan Masjid Al Jihad, dr. H Meldy Muzada Elfa, Sp.PD.,K-Ger.,FINASIM ketika dihubungi mu4.co.id pada Ahad (4/2) mengatakan agar Balai Pengobatan ini dapat terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

“Sehingga harapannya syarat-syarat untuk sebuah Balai Pengobatan atau klinik dapat dipenuhi secara paripurna agar suatu saat (balai pengobatan) ini bisa menjadi Klinik Pratama dan dapat bekerjasama dengan BPJS,” tutur dr Meldy sapaan akrabnya.

Baca juga: Klinik Pengobatan Aisyiyah Kini Sudah Diresmikan

Lebih lanjut Wakil Direktur Rumah Sakit Islam Banjarmasin ini menambahkan pelayanan Kesehatan di Masjid Al Jihad tersebut memiliki keunggulan karena sepenuhnya gratis semata-mata untuk menjamin terwujudnya kesehatan jemaah.

“Tidak dipungut biaya, baik itu pemeriksaan dokter maupun pemeriksaan laboratorium sederhana seperti (cek) tekanan darah, kolesterol, asam urat dan gula darah, serta obat-obatan. Semuanya gratis,” ungkap dr Meldy yang telah menyelesaikan Pendidikan Profesi Dokter Subspesialis Konsultan Geriatri (cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada penanganan, diagnosis, serta pencegahan penyakit dan gangguan kesehatan yang menyerang kalangan lansia) dari Universitas Gajah Mada ini.

Tenaga medis yang akan turut membantu di Balai Pengobatan Al Jihad ini diantaranya Hery Wahyudi dan Muhammad Ramli Adi.

Sebagai informasi sebelumnya pada 12 September 2023 Majelis Kesehatan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Banjarmasin 4 juga telah meresmikan Balai Pengobatan gratis yang rutin dilaksanakan setiap Ahad pagi setelah waktu syuruq sekitar pukul 06.00 Wita.

Balai Pengobatan ‘Aisyiyah tersebut berada di lantai 2 Masjid Al Jihad dan tenaga medis yang praktek yaitu dr. Dewi Kuntari, dibantu Meirina Astuti S. Kep, Ners.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!