Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 21:14

Astronom Temukan Struktur Misterius di Bima Sakti, Ada Kaitannya dengan Black Hole?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Flamen di Pusat Galaksi Bima Sakti [Foto: Farhad Yusef-Zadeh/Northwestern University via scitechdaily.com]

Banjarmasin, mu4.co.id — Ratusan struktur aneh serupa tali atau filamen baru-baru ini ditemukan di pusat Bima Sakti. Menurut para astronom, struktur tersebut kemungkinan bisa digunakan untuk menelusuri jalur letusan lubang hitam (black hole) kuno.

“Sungguh mengejutkan menemukan populasi struktur baru yang tampaknya menunjuk ke arah lubang hitam,” ujar Profesor Fisika dan Astronomi Universitas Northwestern di Illinois, Farhad Yusef-Zadeh.

Flamen di Pusat Galaksi Bima Sakti [Foto: Farhad Yusef-Zadeh/Northwestern University via scitechdaily.com]

“Saya benar-benar terpana ketika melihat ini. Kami juga menemukan bahwa filamen itu tidak acak tetapi tampaknya terkait dengan aliran lubang hitam di Bima Sakti,” ungkap Farhad Yusef-Zadeh.

Baca Juga: Inilah Penampakan Detail Matahari Dari Teleskop Inouye Solar

Filamen tersebut berukuran panjang antara 5 sampai 10 tahun cahaya. Ukuran itu seperti ribuan kali jarak antara Pluto dengan Matahari.

Galaksi Bima Sakti dari Kejauhan [Foto: R. Jay GaBany/NASA via theconversation.com]

Struktur itu kemungkinan besar diciptakan oleh semburan partikel berenergi tinggi yang tak tampak jika dilihat dengan mata telanjang. Bisa saja struktur terbentuk karena bekas atau efek yang dihasilkan dari ledakan lubang hitam berenergi tinggi kuno yang merobek awan gas di sekitarnya.

Sumber: kompas.com (Kontributor Sains, Monika Novena dan Editor, Resa Eka Ayu Sartika)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!