Media Berkemajuan

22 Februari 2024, 08:22

Alhamdulillah! Pria Ini Ikrarkan Syahadat di Masjid Al-Jihad Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Muhammad Yuko saat dibimbing Ustaz H. M. Azhar Fitri saat melakukan ikrar syahadat

Banjarmasin, mu4.co.id – Hidayah adalah sesuatu yang mahal. Tak semua orang bisa mendapatkannya. Harus melalui pengorbanan dan perjuangan yang tidak mudah.

Hidayah memiliki kaitan erat dengan petunjuk yang membawa manusia lebih dekat kepada Tuhan. Makna hidayah telah ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 125, yang artinya:

“Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam ….”

Termasuk ketika memperoleh hidayah dan keyakinan bulat untuk memeluk agama yang diridhai Allah, yakni Islam. Seperti yang terjadi pada Senin (3/10/2022)  selepas ba’da shalat subuh di ruang induk Masjid Al Jihad Banjarmasin, seorang laki-laki bernama Muhammad Yuko yang berasal dari Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menyatakan ikrar syahadat dibimbing Ustaz H. M. Azhar Fitri.

Ikrar syahadat adalah proses mengucapkan dua kalimat syahadat. Syahadat merupakan pondasi Islam (rukun islam) pertama dan yang paling utama. Tidaklah seseorang dikatakan muslim melainkan harus mengucapkan dua kalimat syahadat. Mampunya seorang hamba mengucapkan kalimat syahadat merupakan hidayah dari Allah.

Prosesi ikrar syahadat disaksikan para jamaah masjid dan berlangsung secara khidmat. Beberapa jamaah juga mengabadikan momen ini. Alhamdulillah, kini Yuko resmi menjadi seorang mualaf.

Ustaz H. M. Azhar Fitri berpesan, “Ketika seseorang menjadi mualaf, hendaknya mereka belajar islam pelan-pelan dan bertahap. Seperti memahami betul makna dan konsekuensi dari kalimat syahadat itu sendiri, lalu belajar shalat dan hal-hal yg berkaitan dengan shalat seperti bersuci dan lainnya.”

Ia juga menyampaikan harapannya, “Maka harapan besar bagi seorang mualaf adalah  senantiasa untuk terus belajar agama. Dengan memahami agama, barulah ia bisa beramal. Dan harapan besar jua bagi kaum muslimin yang menyaksikan ikrar syahadat dari seorang mualaf, hendaknya juga ikut andil dalam dakwah, seperti mengajak mualaf tadi untuk ikut pengajian, atau bagi kaum muslimin yang mampu mengajarkan shalat, membaca Al-Qur’an, dan lainnya. Silahkan ambil kesempatan tersebut. Karena Nabi bersabda, “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (H.R. Muslim no. 1893). Wallahu a’lam bis showab.”

Reporter: Alfina

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!