Media Berkemajuan

26 Februari 2024, 06:04

Tips Sehat Saat Berlebaran

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Suasana lebaran tetap jaga kesehatan [Foto: kompas.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Setiap hari, tidak hanya selama Ramadhan dan Idul Fitri, kebiasaan makan, berolahraga, dan tidur yang cukup juga harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan.

Dr. Vikie Nouvrisia, Ananda Putri, M.Gizi, Sp. kata GK, ahli gizi dari dokter spesialis yang baik, Ramadhan memang bisa menjadi cara untuk berkomitmen sekali lagi untuk memiliki gaya hidup yang sehat dan seimbang.

Karena selama Bulan Suci, kita diajarkan untuk mengendalikan emosi dan kebiasaan makan dengan kesadaran. Karena itu, puasa memiliki manfaat langsung bagi kesehatan mental dan fisik.
Setelah berpuasa selama sebulan, kini adalah waktu yang tepat untuk mengundang hari kemenangan yang sudah di depan mata.

Bisa bersama keluarga dan silaturahmi dengan kerabat dan teman membawa kebahagiaan bagi semua orang. Tentu saja, akan ada banyak sekali pilihan makanan yang tersedia untuk hari istimewa ini, mulai dari makanan ringan hingga makanan yang mengenyangkan.

Tidak akan ada banyak waktu untuk istirahat karena akan ada begitu banyak kegiatan. Agar kita justru tidak jatuh sakit di hari kemenangan, berikut tips yang bisa diterapkan:

  1. Bijak dalam mengonsumsi makanan
    Akan banyak godaan ketika melihat berbagai pilihan makanan. Hidangan berbahan santan, jajanan manis, dan kue-kue khas lebaran sering kita jumpai. Jangan lupa diri dan makan semua yang disajikan, meski kelihatannya enak. Kita harus teliti dalam memilih dan mengawasi bagian-bagian agar asupan kalori terkontrol dan kesehatan tetap terjaga.
  2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
    Makanan tinggi karbohidrat dan kaya lemak merupakan hal yang identik pada sajian lebaran di rumah. Mengonsumsi banyak jenis makanan ini bisa menyebabkan perut kembung. Kondisi ini memburuk ketika asupan air tidak mencukupi kebutuhan tubuh.
    Jangan lupa untuk tetap makan buah dan sayur serta minum air putih yang cukup agar tetap sehat. Serat sangat penting untuk fungsi pencernaan normal.
  3. Tetap berolahraga
    Libur lebaran memberi kita banyak kesempatan untuk mengunjungi berbagai rumah kerabat. Ketika sampai di rumah, ini bisa membuat lelah dan ingin segera tidur. Meskipun demikian, kita harus selalu menjadwalkan waktu untuk berolahraga. Tidak perlu menunggu sempurna, olahraga ringan apapun yang dilakukan dengan cepat akan membantu memperlancar peredaran darah yang akan membuat tubuh lebih sehat.
  4. Beristirahat cukup
    Sesuai dengan poin sebelumnya, tubuh harus dibiarkan beristirahat pada hari kemenangan meski aktivitasnya padat. Bagaimanapun, tubuh mutlak membutuhkan istirahat untuk mempertahankan kinerja normalnya.
    Salah satu cara yang seharusnya bisa dilakukan adalah mengatur jamuan tamu dengan jadwal di pagi dan sore hari, agar bisa tidur siang. Akibatnya tubuh tidak akan lelah, menjaga kesehatan prima.
  5. Tetap taat protokol kesehatan saat bertemu banyak orang
    Meski pandemi sudah mulai membaik dan sejumlah aktivitas sudah diperbolehkan untuk dilanjutkan kembali, bukan berarti kita bisa kembali ke tingkat kebebasan kita sebelumnya. Kewaspadaan bagaimanapun juga harus dituntut agar tidak terkena penyakit yang merusak.
    Oleh karena itu, meski keramaian tidak bisa dihindari, tetap ikuti protokol kesehatan. Imunisasi lengkap, memakai jilbab dengan benar dan benar, mencuci tangan tanpa lelah, dan tidak berinteraksi dulu dengan orang lain saat daya tahan tubuh turun masih terbukti ampuh mencegah penularan penyakit.
    Setelah belajar menahan berbagai nafsu di bulan Ramadhan, merayakan hari kemenangan menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, teruslah berusaha untuk mengatur gaya hidup agar kesehatan tetap terjaga dan silaturahmi menjadi hangat.
[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!