Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 05:10

Tak Ada Batasan Usia, Indonesia Dapat Kuota Haji Sebanyak 221 Ribu Orang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Menteri Agama bertemu Pemerintah Arab Saudi membahas kuota haji Indonesia 2023 [Foto: Humas Kemenag]

Banjarmasin, mu4.co.id – Kabar baik di tahun 2023 bagi para calon jamaah haji Indonesia karena Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. 

Dikutip moslemtoday.com Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa kuota haji Indonesia tahun ini sebanyak 221 ribu jemaah.

“Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota.”

Di tahun ini juga tidak ada batasan usia jemaah haji, hal ini telah disepakati oleh Menag dengan Menteri Haji Arab Saudi. Sebagaimana diketahui  saat pandemi, Pemerintah Arab Saudi membatasi usia jemaah haji di bawah 65 tahun pada 2022.

Kesepakatan Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi juga mencakup pengaturan pendaratan pesawat pengangkut jamaah haji di Kota Jeddah dan Madinah, serta pelaksanaan kebijakan-kebijakan baru mengenai pelayanan haji.

Saat pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Menag juga melobi penambahan kuota jamaah haji bagi Indonesia guna memperpendek masa antre keberangkatan haji yang sudah sangat banyak di Indonesia.

“Semua tentu bergantung pada kebaikan hati Yang Mulia Raja Salman, Pangeran Muhammad Bin Salman, dan Bapak Menteri Haji,” katanya.

Menag juga menyampaikan terima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi karena telah melibatkan Indonesia sejak awal dalam penyelenggaraan pelayanan haji tahun 2023, termasuk undangan menghadiri Muktamar Haji. 

Menag mengapresiasi langkah transformasi yang dilakukan Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Transformasi tersebut mengarah pada penyelenggaraan haji yang lebih profesional.

Sumber: moslemtoday.com akurat.co

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!