Media Berkemajuan

13 April 2024, 12:19

Tahap II Bipih Ditutup, Kemenag: Akan Pertimbangkan Perpanjangan Pelunasan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab [Foto: kemenag.go.id]

Jakarta, mu4.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan sebanyak 194.744 orang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) hingga pelunasan tahap II resmi ditutup pada 26 Maret 2024 kemarin.

“Jumlah yang melunasi terdiri atas 192.874 jemaah reguler, 1.484 Petugas Haji Daerah (PHD), dan 386 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU),” terang Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab, Selasa (26/03/2024).

Untuk diketahui, kuota jemaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000. Selain itu, Indonesia juga mendapatkan sebanyak 20.000 kuota tambahan, jadi totalnya adalah sebanyak 241.000 kuota. Yang terdiri dari 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

“Artinya, masih ada sisa kuota,” pungkas Saiful Mujab.

Baca juga: Apa Bedanya BPIH, Bipih dan Nilai Manfaat? Jadi Berapa yang Harus Dibayar Jemaah Haji 2024?

Sebagai informasi, pelunasan tahap II diperuntukkan bagi jemaah haji reguler yang masuk dalam empat kategori, yaitu: 1) jemaah yang belum melakukan pelunasan biaya haji pada tahap I karena mengalami gagal sistem; 2) pendamping jemaah haji lanjut usia; 3) Jemaah haji penggabungan suami/istri dan anak kandung/orang tua yang terpisah; 4) pendamping jemaah haji penyandang disabilitas.

Selain itu, tidak ada perbedaan antara jemaah haji yang melakukan pelunasan di tahap I atau II. Setiap jemaah yang akan melunasi biaya haji maka harus memenuhi syarat istitha’ah.

“Sebagaimana tahap I, jemaah haji reguler yang akan melunasi pada tahap kedua juga harus memenuhi syarat istitha’ah,” tegas Saiful Mujab.

Lebih lanjut Saiful Mujab mengatakan pihaknya masih menimbang rencana pembukaan perpanjangan pelunasan. Diketahui kini masih disiapkan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah terkait kriteria jemaah berhak lunas tahap perpanjangan.

“Saat ini tercatat juga sudah ada 26.351 jemaah yang sudah melunasi tapi dengan status cadangan. Mereka akan mengisi kuota jika sampai batas akhir tahapan pelunasan masih ada yang tersisa,” ujarnya.

Sumber: kemenag.go.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!