Media Berkemajuan

24 April 2024, 14:39

Tabligh Akbar Ustaz Bachtiar Nasir, Ramaikan Puncak Resepsi Milad Muhammadiyah Tingkat Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
KH Bachtiar Nasir, Lc. MM saat menyampaikan Tabligh Akbar pada Acara Puncak Milad ke-111 Muhammadiyah tingkat Kalsel, Sabtu (13/01/2024) [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Puncak Milad ke-111 Muhammadiyah tingkat Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) berlangsung dengan meriah, acara dimulai dari pukul 09.00 Wita hingga selesai, bertempat di Halaman Balaikota Banjarmasin, Sabtu (13/01/2024).

Pada acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai penampilan atau talent-talent anak muda Muhammadiyah mulai dari penampilan Tapak Suci, Biola, Tari-tarian, Drum Band, Musik Panting dan lain-lain. Dan acara inti pada Resepsi Puncak Milad ke-111 Muhammadiyah ini adalah Tabligh Akbar.

Dimulai dengan nyanyian dengan nada lagu ‘Ikan di dalam kolam’, dengan syairnya sendiri KH Bachtiar Nasir, Lc. MM menyampaikan tabligh akbarnya, dan di iringi oleh para tamu undangan, mengenai pentingnya menenangkan jiwa dan hati sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, jika ingin mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan.

Baca juga: Puncak Milad Ke-111 Muhammadiyah, Antusias Warga Muhammadiyah Kalsel Luar Biasa!

Kemudian, dengan tema milad tahun ini yaitu “Ikhtiar Menyelamatkan Umat” Ustadz Bachtiar Nasir mengatakan, “Saya ingin mengajak (seluruh warga Muhammadiyah) untuk melakukan sebuah gerakan tranformasi. Namun (untuk mencapai hal tersebut) dibutuhkan manusia-manisua unggul, untuk melahirkan sebuah peradaban baru.”

“Karena itu hendaknya menjadi pribadi yang shaleh dan shalihah, tetapi itu tidak cukup, harus menjadi (pribadi) yang shaleh dan shalehah yang muslihah,” tambahnya.

Adapun shaleh merupakan seseorang yang taat menghamba kepada Allah SWT, tetapi dalam tingkat individu, dan dituntut untuk dirinya sendiri. Sedangkan muslih adalah orang yang mau memperhatikan lingkungan hidup dan tidak hidupnya, seluas-luasnya untuk kemudian melakukan uswah (teladan) untuk kebaikan.

Kemudian bagaimana langkah untuk menjadi pribadi yg shaleh?

Ustaz yang merupakan alumni dari Universitas Islam Madinah, Arab Saudi ini menyampaikan diantara langkah-langkahnya yaitu:

  • Meyakini dan membenarkan selalu di dalam hati, bahwa setiap saat ada perintah yang harus kita dikerjakan.
  • Meyakini dan membenarkan selalu di dalam hati, bahwa ada larangan Allah SWT dan rasul yang harus selalu ditinggalkan, dan
  • Meyakini dan membenarkan selalu di dalam hati, bahwa ada takdir yang harus diridhai.

Baca juga: Safari Dakwah Ustaz Bachtiar Nasir di Beberapa Masjid di Banjarmasin

Namun terkadang iman adakalanya naik dan adakalanya turun. Untuk itu Ia menjelaskan ada 3 langkah untuk menguatkan iman yang turun untuk menjadi seorang yang shaleh hingga husnul khatimah yaitu meliputi: Meyakini dan membenarkan selalu janji-janji baik Allah SWT, dan meyakini dan membenarkan ancaman-ancaman Allah SWT, serta berorientasi ke akhiratan.

“(Dengan begitu) InsyaAllah persyarikatan Muhammadiyah, akan semakin kuat dengan pribadi-pribadi yang shaleh dan shalehah dengan rumus ini. Dan jika mau konsisten InsyaAllah semua yang ada disini mudah-mudahan menjadi hamba-hamba Allah yang dimuliakan dan sukses di dunia dan di akhirat, dan memimpin bangsa ini dari level Kalimantan Selatan, (dan) InsyaAllah sampai level nasional.” tutur Ustaz yang berusia 56 tahun itu, Sabtu (13/01/2024).

Kemudian terakhir ia juga menyampaikan tips untuk siapa saja yang ingin masuk surga sekeluarganya, ia mengungkapkan untuk mengingat 3 pesan ini yaitu:

  1. Berjuang membangun surga di rumah
  2. Berjuang membangun rumah di surga
  3. Berjuang masuk surga sekeluarga

“Mudah-mudahan Kalimantan Selatan dan seterusnya akan menjadi teladan bagi Indonesia, dan moga-moga Kalimantan Selatan bersama jajarannya menjadi teladan juga untuk Muhammadiyah (di) seluruh Indonesia,” tutupnya.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!