Media Berkemajuan

20 April 2024, 11:23

Silaturrahmi Teman Difabel dengan MPKS PWM PWA Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Banjarmasin, mu4.co.id — Tim 5, para perwakilan Penyandang Disabilitas baik fisik, sensorik, intelektual, dan mental yang berdomisili di Banjarmasin dan Banjarbaru bersilaturahmi dengan Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (31/5/2023) di Jl. S Parman, Gang Purnama, No. 1, Kota Banjarmasin.

Dalam kesempatan tersebut mereka berbincang, berbagi pengalaman dan opini terbuka, sekaligus merancang pembentukan Himpunan Disabilitas Muhammadiyah (Hidimu) Kalsel.

“Hidimu ini ada di pusat. Nah, yang Kalsel sedang kami proses sekarang,” ujar Husnul Khatimah, sebagai Ketua Perwakilan yang ditunjuk oleh PP (Pimpinan Pusat) Hidimu.

Sebelumnya, PWM dan PWA Kalsel sudah punya program kerja yang kerap berinteraksi dengan Teman Disabilitas. Namun, kali ini akan dibangun perangkat organisasi di mana mereka bisa mengaktualisasi dan representasi diri.

Baca Juga: Lazismu RSIB, MPKS PWM dan PWA Kalsel Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Ternate Banjarmasin

“Disabilitas ini secara angka itu ada orangnya, tetapi kita ini belum terbangun interaksi untuk saling mensupport. Teman Disabilitas juga ingin bermanfaat bagi orang-orang Non-Disabilitas. Misalnya seperti membantu (orang tua) memahami Anak Tunanetra, harus belajar dari Teman Tunanetra juga,” lanjut Husnul.

Ia mengatakan bahwa Teman Disabilitas mempunyai segudang pengalaman yang bisa dibagikan untuk membantu orang memahami penyandang yang lain. “Kita sendiri ‘kan tidak boleh sok tahu, ya. Kita memerlukan mereka.”

Pihak PWM dan PWA Kalsel khususnya di bidang MPKS menyambut rencana tersebut dengan tangan terbuka. “Insya Allah akan kita follow up, tindak lanjuti untuk masukan kawan-kawan tadi,” kata Ketua MPKS PWM Kalsel, Bahrudin AR., SE., MM.

Bahrudin mengatakan, hal ini nantinya akan dikomunikasikan kepada unsur-unsur PWM Kalsel agar dapat segera ditindak lanjuti untuk membentuk tempat bagi Teman Disabilitas berkumpul dan mengadakan kegiatan nanti.

Jika ada masyarakat yang memiliki anak, saudara, dan teman penyandang difabel yang ingin mendapatkan informasi, bertukar pengalaman dan pikiran, bisa bergabung ke dalam grup Hidimu melalui link di bawah ini:

https://chat.whatsapp.com/BHM0tTr22P090GQN6DV5eR

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!