Media Berkemajuan

13 April 2024, 10:40

Sebanyak 210 Peserta Ikuti Pendidikan Ramadhan yang Digelar AMMA, Simak Berbagai Kegiatannya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Sebanyak 210 Peserta Ikuti Pendidikan Ramadhan yang Digelar AMMA di Masjid Al Jihad [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Angkatan Muda Masjid Al-Jihad (AMMA) bersama Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah (PCNA) Banjarmasin 4, tahun ini kembali menggelar serangkaian kegiatan di bulan suci Ramadan yang bermanfaat yakni Pendidikan Ramadhan (Dikram) 1445 H.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas,” yang dilaksanakan di Masjid Al Jihad Banjarmasin selama 3 hari, Jumat-Ahad (29-31/03/2024), dengan dihadiri sebanyak 210 orang yang terdiri dari SD, SMP, SMA hingga Mahasiswa.

Ketua pelaksana kegiatan, Kimilia Azzahra mengatakan bahwa kegiatan kali ini menjadi peserta yang terbanyak selama AMMA melaksanakan Dikram dalam 5 tahun terakhir.

“Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan diberkahi oleh Allah, serta dapat memberikan manfaat kepada seluruh pihak yang terlibat. Selain itu juga diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menanamkan rasa cinta masjid dikalangan anak muda, serta menjadi salah satu ajang pengkaderan pemuda masjid,” ujarnya.

Baca juga: PCA Banjarmasin 4 Bersama Masjid Al Jihad Buka Pendaftaran Belajar Al-Qur’an Khusus Jemaah!

Lalu apa saja kegiatan-kegiatan dalam Pendidikan Ramadhan tersebut?

Berikut rangkaian kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Pendidikan Ramadhan tersebut diantaranya yaitu:

  1. Olahraga Sunnah Memanah
  2. Ceramah Agama
  3. Tadarus Al-Qur’an
  4. Materi dan Praktek Penyelenggaraan Jenazah (SMA-Mahasiswa)
  5. Materi dan Praktek wudhu dan Sholat (SD-SMP)
  6. Nonton Bareng
  7. Lomba dan Games menarik lainnya.

Selain itu dalam kegiatan tersebut juga diberikan beberapa materi diantaranya yaitu:

  • Pendidikan Ramadhan (Materi pengantar oleh Ketua Dikdasmen PCM Banjarmasin 4, Dani Wahyudi)
  • Untuk SD-SMP: Materi Al-Qur’an itu keren (oleh Ustaz H M Azhar Fitri) & Adab-adab berwudhu dan shalat (oleh Ustaz M Yusuf Rusli)
  • Untuk SMA-Mahasiswa: Materi Mental Health (oleh Ketua PCNA Banjarmasin 4, Teh Hendayani) & Materi dan Praktik memandikan jenazah (oleh Ustaz H. Mairijani bersama Ketua PCA Banjarmasin 4,  Hj. Sri Hidayati)
  • Dan materi bersama tentang Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas (oleh Ustaz Fikri Rizalie Ahmad).

Baca juga: Ikuti Kajian Muslimah Spesial Ramadhan! Catat Tanggalnya

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, H. Arifin Noor, yang juga turut dihadiri oleh Ketua Takmir Masjid Al Jihad, H. Taufik Hidayat, beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Arifin Noor menyampaikan tentang bagimana keutamaan turunnya Al-Qur’an pada 17 Ramadan. “Memegang Al-Qur’an saja ada caranya, juga bagaimana membacanya, mempelajarinya. Itu adalah bentuk daripada kita Haqqul Yakin bahwa setelah di alam dunia ini, ada alam lain,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Banjarmasin, H. Arifin Noor, bersama Ketua Takmir Masjid Al Jihad, H. Taufik Hidayat saat pembukaan kegiatan Pendidikan Ramadhan 1445 H, Jumat (29/03/2024) [Foto: mu4.co.id]

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Al Jihad, H. Taufik Hidayat mengucap terima kasih kepada panitia atas dilaksanakannya kegiatan tersebut. “Memang kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun, dan ini sangat berkesan,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak kepada anak-anak untuk berkiprah di organisasi masjid, karena menurutnya masjid inilah yang menjadi pusat, bukan hanya ibadah tetapi juga kegiatan sosial ekonomi dan lainnya. “Kita aktif organisasi Masjid ini luar biasa berkahnya, setiap apa saja yang dikerjakan di masjid akan mendapatkan pahala yang berlipat,” ungkapnya.

Ia pun berharap kepada AMMA untuk bisa menyajikan program yang menarik agar para remaja bisa kembali aktif ke masjid, dan kegiatan seperti ini tidak berhenti di sini saja. “Lanjutkan kegiatannya, banyak kegiatan-kegiatan lain yang menarik apalagi di masjid Al Jihad sendiri menjadi barometer se-Kalimantan Selatan, bahkan Nasional,” ucapnya.

Selain itu ia juga mengatakan akan memback up semua biaya-biaya kegiatan-kegiatan yang ada di Masjid Al Jihad. “Tidak ada alasan dari kami untuk tidak mendukung daripada kegiatan tersebut,” pungkasnya.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!