Media Berkemajuan

26 Februari 2024, 06:23

Saudi Siapkan Alat Medis Penanganan Jantung Terpasang di Masjidil Haram

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
AED atau Automated External Defibrillator
Alat medis penanganan darurat jantung [AED atau Automated External Defibrillator] terpasang di sekitar Masjidil Haram [Foto: detik.com]

Makkah, mu4.co.id – Masjidil Haram tengah bersiap menyambut jemaah haji 2024 salah satunya ialah menyediakan lima belas alat medis khusus penanganan keadaan darurat jantung terpasang di Masjidil Haram.

Dilaporkan kantor berita pemerintah Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA), Kamis (1/2/2024), AED atau Automated External Defibrillator tersebut sudah tersebar di seluruh titik Masjidil Haram. Alat medis tersebut sudah digunakan 19 kali oleh pengunjung, relawan, atau pengurus masjid sepanjang 2023.

Baca juga: Canggih! Saudi Sediakan Robot AI Untuk Bantu Jawab Pertanyaan Jemaah Haji Umrah 2024

AED adalah perangkat medis portabel yang dapat memberi sengatan listrik melalui dada ke jantung untuk mengkonversi irama jantung menjadi normal pada seseorang yang mengalami henti jantung. Biasanya alat ini memang digunakan ketika seseorang di tempat umum tiba-tiba pingsan dan dicurigai mengalami henti jantung dan henti nafas.

Dikutip dari detik.com, lima belas AED disebar di lokasi-lokasi vital Masjidil Haram yang sering dikunjungi oleh jutaan jemaah sepanjang tahunnya. Kelima belas titik tersebut di antaranya adalah lima alat di gerbang utama, lima alat di pelataran Ka’bah, dan lima alat lainnya di area perluasan ketiga Masjidil Haram.

Baca juga: Luar Biasa! Saudia Segera Operasikan Taksi Terbang Untuk Transportasi Jemaah Haji

Selain menyiapkan AED di titik-titik vital, Masjidil Haram juga menyiapkan layanan medis hingga ambulans di dalam aera. Hal ini sebagai bagian dari sistem perawatan komprehensif yang disediakan oleh otoritas terkait untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengunjung masjid baik untuk menangani keadaan darurat kesehatan maupun memberikan perawatan jika diperlukan.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!