Media Berkemajuan

13 April 2024, 12:21

Satelit Lihatkan Ratusan Truk yang Antri di Perbatasan Rafah. Begini Kondisinya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Satelit Lihatkan Ratusan Truk yang Antri di Perbatasan Rafah [Foto: akun X @IpIndependent]

Rafah, mu4.co.id – Badan Kemanusiaan PBB (OCHA) mengatakan hanya 4 truk yang masuk membawa bantuan kemanusiaan penting ke Gaza dari ratusan truk lainnya yang menunggu di perbatasan Rafah, yang ditunjukkan melalui Satelit, Rabu (21/02/2024).

Berdasarkan data dari OCHA, jumlah truk bantuan yang memasuki Gaza menurun secara signifikan. Mereka mengatakan rata-rata 47 truk yang membawa bantuan memasuki Gaza setiap harinya dari tanggal 9 dan 15 Februari.

Dan kini menurun dibandingkan dengan beberapa minggu sebelumnya yakni sekitar 133 truk per harinya.

“Antara tanggal 1 Januari dan 15 Februari, kurang dari 20% misi (15 dari 77) yang direncanakan mitra kemanusiaan untuk memberikan bantuan dan melakukan penilaian di wilayah utara Wadi Gaza difasilitasi oleh otoritas Israel secara penuh atau sebagian dan 51% ditolak (39 dari 77),” lapor OCHA.

Baca juga: Israel Blokir Ratusan Truk Bantuan Gaza, Dijadikan Imbalan Pembebasan Sandera!

Para Pemukim Israel berdemonstrasi untuk terus memblokade bantuan truk yang akan masuk gaza. Mereka menghadang truk-truk bantuan kemanusiaan tersebut, hingga menutup akses bantuan untuk bisa masuk ke Gaza.

“Akses misi untuk mendukung rumah sakit dan fasilitas yang menyediakan layanan air, kebersihan dan sanitasi termasuk di antara misi yang sangat ditolak oleh Israel,” tambah OCHA.

Kondisi tersebut pun membuat kondisi di Gaza semakin memprihatinkan, dengan terbatasnya makanan yang masuk ke sana. Sementara ruang gerak mereka terkepung oleh tentara Israel.

Sumber: tribunnews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!