Media Berkemajuan

28 Februari 2024, 15:04

Persiapkan Diri Jauh Hari, Lutfi dan Nanda Raih Juara Putra Putri Sasirangan 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Luthfi dan Nanda di Malam Grand Final Putra Putri Sasirangan. (Foto: eulogi)

Banjarmasin, mu4.co.id – Bersaing dengan 9 pasang peserta lainnya, Luthfi Riqo Perdana dan Septiananda Arline Noya berhasil menjuarai ajang Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin 2023 pada Sabtu (11/03).

“Rasanya campur aduk ada senang dan sedihnya, tentunya Luthfi senang banget karena bisa terpilih menjadi Putra Sasirangan pertama,” ungkap Luthfi ketika diwawancarai.

Sedangkan Nanda, panggilan akrab Septiananda Arline Noya, mengungkapkan, “Yang pertama lega banget karena sudah menyelesaikan karantina selama kurang lebih 10 harian dan ternyata usaha dan capeknya membuahkan hasil yang luar biasa. Dan juga pastinya bangga dengan diri sendiri sudah mencapai di titik ini. Terharu juga ternyata saya dapat dipercayakan sebagai Putri Sasirangan 2023,” 

Pemilihan Putra Putri Sasirangan merupakan salah satu rangkaian acara dari Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7 tahun 2023. Pemilihan ini berlangsung di kawasan Siring Jenderal Sudirman, Kota Banjarmasin.

Berhasil menjadi juara, Lutfi dan Nanda membagikan kisah persiapannya untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut.

“Banyak sekali persiapannya untuk mengikuti ajang ini,” ucap Nanda.

Nanda mempersiapkan dirinya dari mulai dari mengasah public speaking dan belajar lagi tentang sasirangan. Menyiapkan outfit setiap karantina dan setiap malam selalu mempelajari materi yang telah ia dapatkan dari karantina.

Sedangkan Lutfi membeberkan kisahnya bahwa dirinya telah menyiapkan diri sekitar setengah periode Putra Sasirangan sebelumnya atau kurang lebih enam bulan dan di tahun 2022 ia juga sudah tertarik untuk mengikuti ajang ini.

“Jadi untuk tahun lalu 2022, sebenarnya Lutfi ingin ikut di tahun itu tapi saat dicek sosmednya ternyata ada satu dua hal yang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga saya kurang update tentang pemilihan Putra Putri Sasirangan. Saat dicek lagi ternyata sudah pendaftaran dan sampai technical meeting, disitu kecewa tapi masih berharap untuk bisa bergabung di Putra Putri Sasirangan 2023,”

Dengan segala kemauan dan tekadnya yang besar, Lutfi pun mempersiapkan segalanya dari kondisi fisik, dari segi materi, mengasah public speaking. Semua itu ia lakukan secara otodidak.

Terpilih menjadi Putra Putri Sasirangan 2023, Luthfi dan Nanda memiliki program kerja yang akan diimplementasikan.

“Ada program gomodern and go digital terhadap kain sasirangan. Go modern kita mencoba mengkreasikan kain sasirangan dan membuat inovasi yang membuat anak muda dapat mengenakan kain sasirangan di kegiatannya sehari-hari contohnya membuat aksesoris seperti gelang, tas, backpack, sepatu dan lainnya  yang digunakan anak muda. Jadi kita targetkan ke anak muda terlebih dahulu. Sedangkan go digital, masuk dalam pemasaran kain sasirangan, nantinya akan berdampak positif pada UMKM sasirangan.” jelas Luthfi.

Nanda juga turut menjelaskan program kerja yang dimilikinya, “Saat ini ingin berkolaborasi bersama pengrajin dan pelajar di seluruh Banjarmasin dengan cara melaksanakan workshop sasirangan. Nah, bisa saja nantinya akan dibuat di pelajaran muatan lokal mereka. Selain itu juga ingin membantu UMKM sasirangan dengan mempromosikan melalui medsos berupa konten kreatif.”

Dalam pemilihan Putra Putri Sasirangan 2023 ini terdapat rangkaian karantina terbuka dan karantina tertutup. Pada karantina terbuka mereka diajarkan cara membuat sasirangan, pewarnaan alami sasirangan, belajar catwalk, public speaking dan speech. 

Sedangkan di karantina tertutup mereka diajak untuk beauty class dan kegiatan lainnya.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!