Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 19:15

Pasar Jamaah Makmur Salah Satu Program Ekonomi Lazismu Al Jihad Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Pasar Jammur (Jamaah Makmur) merupakan program yang diinisiasi oleh kantor Lazismu Masjid Al Jihad dalam upaya memberdayakan potensi UMKM, terkhusus untuk jamaah Masjid Al Jihad Banjarmasin.

Program ini telah berlangsung kurang lebih satu setengah tahun. Pasar Jammur sendiri berlokasi di Jalan Cempaka I Banjarmasin atau di halaman belakang masjid.

Pasar ini digelar setiap hari Ahad pagi setelah kajian subuh sekitar pukul 06.00 WITA dan pada hari Rabu setelah kajian khusus muslimah sekitar pukul 09.00 WITA hingga 10.30 WITA.

Terdapat berbagai macam jualan di pasar tersebut dari makanan ringan, sembako hingga beberapa kerajinan. Selain itu, ada pula stan untuk cek kesehatan dari Lazismu. Pada stan cek kesehatan ini banyak ibu-ibu yang antusias untuk mengantre.

Uniknya, pada Pasar Jammur ini jamaah akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp 5.000. Voucher belanja tersebut bersumber dari dana infaq yang disalurkan jamaah bukan dari dana zakat. Namun, untuk voucher sendiri jumlahnya terbatas.

Adanya Pasar Jammur ini memiliki banyak manfaat bagi para pelaku UMKM yang tergabung karena mereka merasa sangat terbantu dengan adanya program ini.

Selain itu juga membantu meringankan beban harga barang melalui voucher Lazismu yang dibagikan dan membantu jamaah yang ingin berinfaq agar harga barang lebih ringan.

Untuk dapat berjualan di Pasar Jammur, pedagang harus mendaftar terlebih dahulu di kantor Layanan Lazismu Al Jihad yang kemudian tergabung dalam keanggotaan grup pedagang, barulah mereka dapat berjualan di Pasar Jammur. Sejauh ini, kurang lebih 70 pedagang sudah terdaftar dalam program ini.

Tujuan lain dengan adanya Pasar Jammur ini, agar para jamaah shalat subuh berjamaah di masjid Al Jihad. Selain itu, juga untuk membantu jamaah dalam meningkatkan daya beli di tengah harga kebutuhan yang semakin meroket. Dan tentunya, juga untuk berdampak pada ekonomi yang lebih bagus.

Adapun tagline dari program ini yaitu “Bukan hanya memakmurkan masjid, tetapi juga memakmurkan jamaah.”

Penulis : Alfina

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!