Jakarta, mu4.co.id – PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya meraih penghargaan internasional World Class Company dalam ajang Global Performance Excellence Awards (GPEA) 2024, yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Quality Organization (APQO), di BelAir Unique, Meksiko, Kamis (03/10/2024).
Diketahui, Penghargaan GPEA tersebut ditujukan kepada perusahaan-perusahaan dunia yang telah mencapai skor di atas 700 dengan penilaian meliputi 7 kategori, yakni Leadership, Strategic, Customer, Measurement, Analysis and Knowledge Management Workforce, Operation, and Results. Dan PLN sendiri meraih skor 719,25 hingga masuk ke dalam nominasi dan meraih penghargaan GPEA sebagai World Class Company.
President of APQO sekaligus Chair of APQO Award Governing Council, Abraham Fenn menyampaikan bahwa penghargaan tersebut adalah sebagai pengakuan dan apresiasi untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki keunggulan kinerja kelas dunia.
“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa 9 perusahaan dari 6 negara telah diakui atas pencapaian tonggak penting dalam perjalanan keunggulan bisnis mereka. Mereka telah menunjukkan kinerja yang patut dipuji hingga kelas dunia, sesuai dengan tiga kategori Penghargaan GPEA dari APQO. GPEA, yang sebagian besar berbasis pada Baldrige atau EFQM, menyediakan pendekatan holistik dalam mengelola kesuksesan organisasi,” jelas Fenn.
Baca juga: Perkembangan Industri Otomotif, Balap Motor Listrik Konversi Pertama di Dunia Digelar di Indonesia!
Sementara itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi salah satu benchmark atau tolak ukur PLN untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
“Ini menjadi bukti bahwa PLN dapat menjadi world class company. Tidak hanya sampai di sini, kami akan terus melanjutkan visi kami untuk menjadi Top 500 Global Company,” kata Darmawan Prasodjo, Ahad (13/10/2024).
Lebih lanjut Darmawan juga menjelaskan bahwa kinerja PLN mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir, yang tidak lepas dari transformasi perusahaan yang dilakukan sejak 2020.
“PLN menjalankan transformasi berbasis digital secara end to end. Mulai dari sistem pembangkit, transmisi, distribusi, pengadaan, sistem keuangan, sistem planning hingga restrukturisasi organisasi dan pelayanan pelanggan, sehingga kini PLN menjadi makin lincah, unified, dan agile,” jelasnya.
(tempo.co)