Media Berkemajuan

24 April 2024, 16:47

Mengejutkan! Website Resmi KPU Diserang Hacker!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Web resmi KPU mengalami serangan siber. [Foto: RakyatMaluku.com]

Jakarta, mu4.co.id – Pada hari pemungutan suara, Rabu (14/2/2024) yang lalu, situs web resmi KPU RI mengalami masalah. Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU RI, Betty Epsilon Idroos mengungkapkan bahwa situs web resmi KPU RI mengalami ratusan juta serangan siber yang diduga dilakukan oleh hacker.

Serangan digital itu berupa Distributed Denial of Service alias DDoS.

“Jadi bentuk serangan ke website KPU sudah terjadi dan ini luar biasa jumlahnya,” ucapnya dikutip dari Wartakotalive, Jumat (16/2).

“Ada ratusan juta DDoS, itu menyerang. Saya tidak bilang puluhan, bukan satuan, tapi ratusan juta serangan ke website KPU. Luar biasa,” tegasnya.

Dia menyebutkan bahwa website KPU harusnya hanya menampilkan informasi, bukan hasil.

“Padahal website itu kan berisikan informasi, data. Bukan hasil,” lanjutnya.

Baca Juga: Quick Count Bukan Jaminan. Tunggu Pengumuman Resmi Hasil Pemilu 2024 dari KPU. Catat Tanggalnya!

Dia menyatakan bahwa hampir semua situs yang dimiliki oleh KPU mengalami serangan, terutama situs resmi kpu.go.id.

Betty menyampaikan bahwa dalam situasi tersebut, pihaknya segera mengambil langkah untuk menangani masalah tersebut bersama dengan tim satgas keamanan siber yang siaga.

“Alhamdulillah di hari yang sama mulai recovery untuk website kpu.go.id. Jadi mudah-mudahan semuanya masih under control untuk diperbaiki oleh KPU,” ucapnya.

DDoS bekerja membanjiri server dengan traffic internet palsu, membuatnya tidak dapat diakses oleh pengguna sungguhan. Identifikasi serangan ini sulit karena gejalanya serupa dengan masalah teknis biasa, seperti koneksi lambat atau situs tidak dapat diakses. Serangan dapat berlangsung dari beberapa jam hingga bulan dengan berbagai tingkat intensitas.

Sumber: Kompas, CNN Indonesia

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!