Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 19:11

Korban Gempa Dahsyat Turki Terus Bertambah Hingga 3.700 Orang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Gempa Dahsyat terjadi di Turki. [Foto: pekanbaru. tribunews.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo mengguncang Turki hingga Suriah. Gempa ini terjadi pada Senin, 6 Februari 2023 pukul 04.17 dini hari waktu setempat.

Akibat dari gempa ini, sekitar 3.700 orang menjadi korban dan diperkirakan akan terus bertambah.

Diprediksi gempa susulan juga dapat berlanjut selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Institut geologi Denmark mengatakan getaran itu terasa hingga Greenland.

Gempa kembali terjadi di siang harinya, gempa dahsyat kedua dengan kekuatan M 7,5 mengguncang sekitar pukul 13.24 waktu setempat.

Hingga kini, dikabarkan ribuan bangunan termasuk gedung apartemen dan perkantoran dilaporkan runtuh. Pihak berwenang pun memprediksi jumlah korban tewas kemungkinan akan terus bertambah karena masih banyak orang hilang yang diduga masih terjebak reruntuhan.

Saat ini proses evakuasi puing-puing reruntuhan dan penyelamatan terhambat oleh badai salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama dengan es dan salju.

Laporan AFAP menyebut gempa itu tergolong dangkal, dengan pusat gempa terletak di lokasi berjarak empat kilometer sebelah selatan-tenggara kota Ekinozu.

Menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania, getaran gempa di Turki itu juga dirasakan di beberapa negara lainnya, seperti Siprus, Suriah, Lebanon, Yunani, Yordania, Irak hingga di negara sejauh Rumania, Georgia, dan Mesir.

Sumber: detik.com msn.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!