Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 20:59

Komitmen Mencerahkan Semesta, PWM Jatim Bermaksud Beli Gereja di Spanyol

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
PWM Jatim menyampaikan maksud membeli gereja di Spanyol saat sidang pleno I Muktamar

mu4.co.id – Sidang Pleno I Muktamar ke-48 Muhammadiyah dengan agenda Tanggapan Materi Muktamar sesi pertama dipandu Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dahlan Rais dan Hajriyanto Y Thohari secara online, Sabtu (5/11/2022).

Usai tanggapan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Papua, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Timur, tiba giliran PWM Jatim memberikan tanggapan. Tanggapan disampaikan Ketua PWM Jatim Dr M Saad Ibrahim MA.

Saad Ibrahim memaparkan, pertama, Muhammadiyah Jatim menerima sepenuh-penuhnya seluruh materi yang telah disiapkan oleh PP Muhammadiyah sebagai tanda takzim kepada pimpinan pusat.

”Kedua, kalau toh ada catatan-catatan kecil maka harap dibaca sebagai catatan kecil saja,” ujarnya disambut gerrr peserta muktamar se-Jatim yang memenuhi Aula Mas Mansur Gedung Muhammadiyah Jatim.

Ketiga, lanjutnya, tanda masyarakat berkemajuan itu adalah menjaga efektivitas dan efisiensi. ”Oleh karena materinya sudah tertulis di sini, maka nanti tanggapan akan kami kirimkan langsung ke PP Muhammadiyah,” ungkapnya.

Keempat, ada beberapa point yang belum tercatat di sini, maka perlu saya sampaikan secara lisan. Mengenai Islam berkemajuan, maknanya ada sisi lain berkemajuan yang Islami.

”Mana di antara dua hal itu yang penting. Hemat saya, ketika kita berbicara Islam berkemajuan dalam konteks Muhammadiyah, maka sebenarnya kita hanya memberikan semacam legalisasi secara resmi bahwa ini telah terjadi di Muhammadiyah,” jelasnya.

Perkembangan

 ”Terkait di Jatim, sekadar gambaran saja, bahwa kami di Jatim belakangan ini setidak-tidaknya, misalnya dalam konteks rumah sakit, sudah ada tambahan 4 rumah sakit. Salah satu RS itu ada di Babat Kabupaten Lamongan. Itu kira-kira 4 tahun yang lampau dan habis 65 miliar rupiah,” jelasnya.

Secara keseluruhan, ujar Saad, kita memiliki 86 rumah sakit dan klinik. Muhammadiyah Jatim memiliki 1.018 sekolah, 8 universitas di mana 2 universitas lahir di periode ini. Lalu ada sekolah tinggi dan institute. Untuk institut hampir semuanya lahir di periode ini.

”Lalu ada 86 pondok pesantren, 140 panti asuhan, punya juga perusahaan-perusahaan. Semuanya itu sekali lagi semata-mata atas dasar pertolongan Allah swt,” ungkapnya.

Membeli Gereja

Bertaawun adalah bagian dari prinsip ber-Muhammadiyah. Di manapun berada itu harus baik. Tidak boleh hanya baik di satu kawasan. Karena itu kami melakukan taawun itu ke berbagai tempat.

”Yang keluar, mohon doa restunya. Ini kita deklir, insyaallah dan mohon doanya seluruh PWM terutama PP Muhammadiyah, kita sedang merundingkan akan membeli gereja di Spanyol. Ini bagian dari komitmen kami untuk mencerahkan semesta. Yaitu gereja di daerah Alcala, dekat Madrid,” paparnya.

“Saya kira itu bagian dari gerak Muhammadiyah Jatim. Semoga ini menjadi gerak kita semuanya sehingga rahmatan lil alamin itu dapat terwujud melalui kita,” harapnya.

(Media AfiliasiMu)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!