Media Berkemajuan

24 April 2024, 17:10

Jumlah Kelulusan Meningkat, SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Gelar Graduation and Farewell Event

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Penyerahan piala juara umum. [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin menggelar acara graduation and farewell event dengan mengusung tema “Memories At The End Of 9th Grade”, bertempat di Restoran Lima Rasa pada Selasa (20/6/2023) dimulai pukul 09.00 WITA hingga selesai.

SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin di tahun ajaran 2022-2023 meluluskan sebanyak 71 siswa dengan rincian, 34 putra dan 37 putri.

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Agus Setiawan Riyadi, M.Pd  mengungkapkan tahun ini merupakan jumlah kelulusan terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

Pelaksanaan graduation and farewell event. (Foto: mu4.co.id/ Maulidya Firyanda)

“Sepengetahuan saya setidaknya selama berada di SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin ini adalah mungkin angkatan yang terbanyak dari angkatan-angkatan sebelumnya,” 

Ketika diwawancarai mu4.co.id, Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Banjarmasin 4, Muhammad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd., juga bersyukur atas meningkatnya jumlah siswa yang lulus dari SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin.

“Alhamdulillah artinya kepercayaan masyarakat terhadap SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin semakin bagus dan para guru dapat membuktikan kepercayaan para orang tua dengan kita melihat bagaimana penampilan anak-anak mulai dari bakatnya sampai dengan hafalan Qur’annya.”

Baca Juga: SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Gelar Wisuda Tahfidz School Ramadhan

Selain mencetak generasi yang cerdas, Agus juga mengatakan menuju kelulusan ini hampir 100% para siswa/i sudah lancar membaca Al-Qur’an. 

“Dan alhamdulillah menuju kelulusan ini mereka sudah hampir 100% lancar dalam membaca Al-Qur’an. Selain itu juga mereka memiliki program-program dan kompetensi lain selama tiga tahun berproses beberapa diantara mereka, khususnya siswa putra dinobatkan atau sudah masuk kategori imam muda karena mereka sudah memiliki pengalaman untuk bertugas menjadi imam shalat berjamaah di beberapa masjid-masjid dan musala di Kota Banjarmasin,”

Lebih lanjut, sebagai Kepala SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin ia berharap kepada para siswa/i, “Harapan terakhir dari saya, kalian dapat menjaga motivasi kalian, semangat kalian untuk tetap terus berkembang janganlah puas atas apa yang kalian capai saat ini karena perjalanan kalian masih panjang dan banyak hal yang harus dicapai dan dibuktikan kepada orang tua kalian,”

Pada kelulusan tahun ajaran 2022-2023 ini lulusan terbaik, Juara Umum 1 disabet oleh Aufa Zahra Kelas 9 Putri B dengan rata-rata nilai 89,75. Sementara lulusan terbaik tahfidz disabet oleh Muhammad Daffa Fakhriadi dari Kelas 9 Putra A dengan jumlah hafalan sebanyak 4 Juz.

Perwakilan siswa/i kelas 9 menyampaikan kesan dan pesan melalui 3 bahasa.

Dalam acara ini terdapat sebuah penampilan yang menarik perhatian yakni, perwakilan siswa/i kelas 9 menyampaikan kesan dan pesan melalui 3 bahasa. Bahasa Arab disampaikan oleh Asyalah, Bahasa Inggris disampaikan oleh Ayu Azzahra, dan Bahasa Indonesia oleh Muhammad Miftahul Fikri.

Pihak Pengawas Pendidikan Kota Banjarmasin mengapresiasi penampilan siswa/i yang disampaikan dengan tiga bahasa. Penampilan ini juga menjadi cerminan rapor untuk SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin yang dinilai sudah sangat baik.

Perjalanan untuk berada di titik ini bagi SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin bukanlah hal yang mudah, “Kita tau SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin dibandingkan dengan SD Muhammadiyah 8 & 10 dan SMK Muhammadiyah 2, mereka memiliki keterbatasan tersendiri, tetapi dengan keterbatasan itu tidak menjadi hambatan buat teman-teman di SMP Muhammadiyah 3 untuk bisa unggul dan berprestasi bahkan sangat baik.” pungkas Ketua Majelis Dikdasmen PCM Banjarmasin 4.

Prosesi sungkeman.

Dalam acara ini juga ada prosesi sungkeman kepada masing-masing orang tua.

Turut hadir Pengawas SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin, Pengawas PAI Kota Banjarmasin, Wakil Ketua PCM Banjarmasin 4 Drs. H. Husdi Hamdi, M.Pd, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Banjarmasin 4 Muhammad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd, para ustaz dan ustadzah beserta guru-guru, dan para orang tua wali murid.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!