Media Berkemajuan

18 Mei 2024, 18:42

Indonesia Salah Satu Negara Siswa Tangguh Tertinggi, Direktur OECD Takjub

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Indonesia Salah Satu Negara Siswa Tangguh Tertinggi [Foto: sindonews.com]

Jakarta, mu4.co.id – Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah siswa tangguh tertinggi, berdasarkan Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 yang baru rilis, sebagai transparansi pemantauan kualitas belajar dari berbagai negara.

Director Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Andreas Schleicher takjub dengan capaian Indonesia tersebut. Ia mengungkapkan Indonesia berada di urutan keempat dalam skala tersebut.

“Menurut saya (ini) adalah hasil yang benar-benar bagus. Yang saya maksud adalah para murid yang berasal dari keluarga-keluarga miskin, dari keluarga-keluarga yang kurang beruntung, dan masih menunjukkan hasil yang benar-benar bagus,” ujarnya, Kamis (01/02/2024).

Baca juga: Lulus S3 Tercepat di Ceko, Anam Seorang Anak Juru Parkir Bagikan Kisahnya

Andreas bahkan mengatakan murid-murid di Indonesia masih bisa menunjukkan kemampuan pendidikan bagus meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

Ia menyebutkan hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya dukungan yang diberikan oleh para guru di Indonesia kepada para murid ketika pandemi. “Murid-murid Indonesia dilaporkan mendapatkan salah satu level dukungan tertinggi dari para guru,” ujarnya.

Andreas memuji dedikasi guru-guru di Indonesia. Menurutnya, tak banyak negara yang memiliki level dukungan tinggi dari guru. “Hanya sedikit negara yang memiliki level dukungan tertinggi dari para guru,” ungkapnya.

Baca juga: Apresiasi Guru dan Orang Tua Didik Generasi Penerus, 6 TK Swasta di Kota Banjarmasin Jadi Negeri!

PISA sendiri merupakan survei kualitas pendidikan yang dilakukan OECD di berbagai negara kepada siswa di usia 15 tahun dengan mencakup kepandaian literasi, matematika, dan sains siswa, dan telah diikuti Indonesia sejak tahun 2000.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkapkan Hasil PISA 2022 Indonesia mengalami 5-6 peringkat peningkatan dibanding tahun 2018, yang diikuti oleh 81 negara, terdiri dari 37 negara OECD dan 44 negara mitra.

“Alhamdulillah peringkat Indonesia di PISA 2022 naik sekitar 5 sampai dengan 6 posisi dibandingkan 2018,” kata Nadiem saat merilis hasil PISA 2022.

Sumber: detik.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!