Media Berkemajuan

16 Juli 2024, 14:57

Iffa Rosita Bakal Gantikan Posisi Hasyim Asy’ari Sebagai Komisioner KPU RI, Berikut Profilnya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Iffa Rosita, Bakal Gantikan Posisi Hasyim Asy'ari Sebagai Komisioner KPU RI [Foto: busam.id]

Jakarta, mu4.co.id – Iffa Rosita, seorang Komisioner KPU Kalimantan Timur dikabarkan akan menggantikan posisi Hasyim Asy’ari sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), yang diungkapkan oleh anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus.

Untuk diketahui, Iffa ditunjuk berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027. “Nomor urut 8 kalau tidak salah Saudari Iffa dari Kalimantan,” ujar Guspardi, Kamis (04/07/2024) di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Sebelumnya diketahui, Hasyim Asy’ari diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena melanggar kode etik karena terbukti bersalah dalam perkara tindak asusila terhadap salah seorang Petugas Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) Belanda wilayah Den Haag.

Baca juga: Diduga Kasus Asusila, Hasyim Asy’ari Diberhentikan dari Ketua KPU!

Adapun perempuan kelahiran Samarinda, 30 April 1979 itu menuntaskan pendidikan pascasarjana di Universitas Mulawarman. Selama kuliah, ia aktif menjadi Ketua Bidang Immawati Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Samarinda. Selain itu dirinya juga aktif sebagai pengurus daerah ‘Aisyiyah Kota Bontang. Bahkan Iffa juga menjadi seorang dosen di STIR Muhammadiyah Samarinda.

Tak hanya itu, Iffa juga berperan aktif dalam organisasi lain di Bontang seperti Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bontang, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bontang.

Selain itu, Iffa juga pernah menjabat sebagai anggota KPU Kota Bontang dan KPU Provinsi Kalimantan Timur. Kehadiran Iffa pun menjadi bentuk keterwakilan Muhammadiyah dalam susunan komisioner KPU-Bawaslu 2022-2027.
(narasi.tv)

[post-views]
Selaras