Media Berkemajuan

18 April 2024, 22:19

Houthi Beri Jalan Kapal Indonesia Melintas di Laut Merah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kapal Indonesia berhasil melintasi di Laut Merah [Foto: pertamina.com]

Yaman, mu4.co.id – Dua buah Kapal dilaporkan berhasil melewati Laut Merah dengan aman, yaitu Kapal minyak Indonesia Gamsunoro dan Kapal dari Kepulauan Marshall yaitu Free Spirit, Rabu (17/01/2024).

Melansir dari Reuters, kedua kapal tersebut diketahui telah memberi isyarat ke Pelabuhan Laut Merah dalam sepekan terakhir.

Namun berbeda dengan kapal kerajaan Inggris HMS Diamond, yang diserang Kelompok Houthi secara ilegal. Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps, mengatakan perlakuan Houthi ini tidak dapat ditoleransi.

Baca juga: 2 Pasukan AS Hilang, Usai Serang Houthi di Yaman

“Inggris tetap tidak gentar setelah serangan ilegal kemarin terhadap @HMSDiamond oleh Houthi yang didukung Iran. Komitmen kami untuk melindungi nyawa tak berdosa dan kebebasan navigasi benar-benar tak tergoyahkan,” tulisnya di Twitter.

Kelompok asal Yaman tersebut berulang kali melancarkan serangannya terhadap kapal-kapal di sekitar Laut Merah selama perang Israel-Hamas di Gaza, dengan menargetkan kapal-kapal yang memiliki hubungan lemah atau tidak dengan Israel.

Sebagaimana diketahui kapal perusak Inggris bersama dengan kapal Angkatan Laut AS  telah menjadi sasaran Houthi, yang terjadi usai kapal tanker minyak yang terkait dengan Inggris di Teluk Aden terbakar di Marlin Luanda.

Sumber: bisnis.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!